Tentang Ideologi dan Makna Garuda Pancasila yang Harus Dipahami

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 14:09 WIB
Kado Garuda Pancasila untuk kado pernikahan anak Jokowi
Foto: Enggran Eko Budianto/Tentang Ideologi dan Makna Garuda Pancasila yang Harus Dipahami
Jakarta -

Garuda Pancasila adalah lambang negara Indonesia sebagaimana tercantum dalam UUD 1945. Semboyan Garuda Pancasila yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Masih ada yang belum paham makna Garuda Pancasila. Berikut arti dan lambang Garuda Pancasila:

1. Burung Garuda melambangkan kekuatan. Warna emas pada burung Garuda berarti kemuliaan.

Perisai di tengah melambangkan pertahanan bangsa Indonesia. Setiap simbol pada perisai melambangkan setiap ajaran Pancasila, yaitu:


a. Bintang melambangkan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa

b. Rantai melambangkan prinsip Kemanusiaan yang adil dan beradab

c. Pohon Beringin melambangkan prinsip Persatuan Indonesia

d. Kepala Banteng melambangkan prinsip Demokrasi yang Dipimpin oleh Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

e. Padi dan Kapas melambangkan sila Keadilan Sosial bagi Rakyat Seluruh dari Indonesia

Warna Merah dan Putih melambangkan warna bendera nasional Indonesia. Warna merah melambangkan berani dan warna putih melambangkan kesucian. Garis hitam tebal di perisai melambangkan wilayah Indonesia dilalui oleh garis Khatulistiwa.

Sementara, arti dari jumlah bulu pada Burung Garuda yakni jumlah bulu melambangkan tanggal proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Jumlah bulu pada setiap sayap berjumlah 17, jumlah bulu pada ekor ada 8, jumlah bulu di bawah perisai atau pangkal ekor 19, dan jumlah bulu pada leher 45.

Burung Garuda mencengkeram sebuah gulungan bertuliskan moto negara Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika. Artinya 'Kesatuan dalam Keberagaman, meskipun berbeda, namun tetap satu'.

Garuda Pancasila juga dilagukan dan telah ditetapkan sebagai lagu nasional. Lagu ini diciptakan oleh Sudharnoto, seniman yang lahir di Kendal, Jawa Tengah.

Sementara itu, soal ideologi Pancasila, Pancasila adalah dasar ideologi negara Indonesia. Panca artinya lima, sila artinya prinsip atau asas. Pancasila adalah rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia.

Nah, lima ideologi Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Hal ini tercantum pada alinea ke-4 Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Semoga penjelasan ideologi dan makna Garuda Pancasila dapat dipahami. Selamat Hari Kesaktian Pancasila!

(nwy/erd)