Amien Rais Umumkan Partai Ummat, PDIP Lempar Pujian dan Sindiran

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 13:45 WIB
wakil ketua F-PDIP Hendrawan Supratikno
Hendrawan Supratikno (Dok Istimewa)
Jakarta -

PDIP menyambut kehadiran Partai Ummat, partai baru Amien Rais. Amien Rais, yang merupakan pendiri Partai Amanat Nasional (PAN), dianggap konsisten dengan perjuangan demokrasinya.

"Bagus. Pak Amien konsisten dengan janji yang disampaikan dan jalan yang ditempuh. Janji terkait platform yang diusung dan jalan demokrasi yang dipilih dengan mendirikan parpol," ujar elite PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Kamis (1/10/2020).

Hendrawan meyakini Partai Ummat bisa menjadi partai besar nantinya. Ini mengingat rekam jejak Amien Rais yang dianggap dewasa dalam berpolitik.

"Dari awal saya percaya Pak Amien termasuk figur yang dewasa dalam berpolitik. Rekam jejaknya di PAN menunjukkan kematangan pandangannya tentang konsep demokrasi yang diperjuangkannya," ucap Hendrawan.

Anggota DPR RI ini juga memuji intelektualitas Amien Rais. Meski Amien Rais kerap berbicara pedas kepada pemerintah Presiden Joko Widodo, Hendrawan menganggap Amien Rais tak bisa dipandang sebelah mata.

"Harus diakui, pernyataannya sering keras dan pedas. Terkadang bahkan saya nilai sedikit ngawur, terutama kalau sudah menggunakan idiom-idiom supranatural," tuturnya.

"Tapi intelektualitas lulusan Universitas Chicago ini tetap bisa kita rasakan," sambung Hendrawan.

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais mengumumkan nama partai barunya, yaitu Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat akun YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

(elz/tor)