Amien Rais Umumkan Partai Ummat, NasDem: Selamat Ya!

Elza Astari Retaduari - detikNews
Kamis, 01 Okt 2020 13:15 WIB
Saan Mustopa di NasDem
Saan Mustopa (Elza Astari Retaduari/detikcom)
Jakarta -

Amien Rais mengumumkan nama partai barunya, yang diberi nama Partai Ummat. Partai NasDem memberikan sambutan hangat dan meyakini Amien akan mendapat dukungan dari basis massanya.

"Selamat ya buat Pak Amien yang sudah membuat partai baru," ujar Sekretaris Fraksi NasDem DPR RI, Saan Mustopa, dalam perbincangan, Kamis (1/10/2020).

Saan berharap kehadiran partai baru besutan Amien Rais dapat menambah semarak demokrasi di Indonesia. Namun ia mengingatkan perjalanan Partai Ummat masih panjang untuk bisa sama dengan partai-partai nasional lainnya yang bisa ikut Pemilu.

"Semoga dengan adanya partai baru besutan Pak Amien, semakin diharapkan menambah kepercayaan masyarakat kepada partai. Tapi ini kan baru, partainya belum verifikasi," ucap Saan.

Kehadiran Partai Ummat kemungkinan akan menambah partai oposisi bagi pemerintah. NasDem sebagai partai koalisi pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mempersoalkannya dan menganggapnya sebagai bagian dari kontrol terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kalau Pak Amien menempatkan diri sebagai oposisi kita hargai, tapi hari ini belum diuji ke pemilu dan parlemen, kan belum ada. Buat kita sebagai koalisi pemerintah bagian dari kontrol," sebut Saan.

Wakil Ketua Komisi II DPR ini pun yakin Partai Ummat mampu bersaing dengan partai lain, termasuk PAN. Saan menilai pendiri PAN tersebut sudah punya basis massa sendiri.

"Tentu Pak Amien sudah memperhitungkan semua, terkait juga dengan dukungan," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Amien Rais mengumumkan nama partai barunya, yaitu Partai Ummat. Pengumuman nama partai baru Amien Rais ini disampaikan lewat YouTube resmi Amien Rais, Kamis (1/10).

"Mukaddimah Partai Ummat," kata Amien Rais.

Amien menjelaskan arti nama partai barunya ini, Partai Ummat. Menurut Amien, ini terkait dengan asas partainya.

"Partai Ummat insyaallah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan," sebut Amien Rais.

(elz/tor)