Dipenuhi Warga, Begini Suasana Nobar Film G30S/PKI di Medan

Ahmad Afrah Fansuri - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 22:05 WIB
Suasana nobar film G30S/PKI di Medan dipadati warga (Ahmad Arfah/detikcom)
Suasana nobar film G30S/PKI di Medan dipadati warga. (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Forum Umat Islam (FUI) Sumatera Utara (Sumut) menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI. Meski digelar di tengah pandemi Corona, acara nobar ini tetap ramai diikuti warga.

Pantauan detikcom, Rabu (30/9/2020), terlihat warga sudah memenuhi lokasi nobar yang berada di halaman Masjid Nurul Hidayah, Kompleks MMTC, Medan, mulai pukul 21.00 WIB. Warga yang datang diminta mencuci tangan dan menggunakan hand sanitizer.

Selain itu, panitia mengukur suhu tubuh warga yang datang. Terlihat panitia juga membagikan masker bagi warga yang tidak menggunakan. Panitia juga terdengar beberapa kali menyampaikan agar warga yang datang tetap menjaga jarak.

Acara ini diawali dengan sambutan yang disampaikan Ketua FUI Sumut, Indra Suheri. Dalam sambutannya, Indra mengingatkan ada orang Islam yang juga masuk ke PKI.

Suasana nobar film G30S/PKI di Medan dipadati warga (Ahmad Arfah/detikcom)Warga yang ingin menonton diminta cuci tangan dan pakai hand sanitizer. (Ahmad Arfah/detikcom)

"Tidak sedikit orang-orang PKI itu Islam tapi dipastikan tidak orang beriman. Bahkan mereka itu orang yang anti kepada Tuhan. Kalau orang yang sudah anti kepada Tuhan, adalah kelompok orang-orang yang tidak mempunyai kebaikan hati nurani, karena kekejamannya kepada orang lain," kata Indra.

Indra menjelaskan, orang-orang Islam yang masuk PKI adalah orang-orang yang munafik. Dia mengatakan kelompok orang-orang yang munafik ini berniat mengkhianati Pancasila.

"Kelompok orang-orang seperti itu tidak patut untuk bisa hidup bersama dengan perbedaan. Orang yang seperti itu selalu melakukan upaya pecah-belah, upaya provokatif," jelasnya.

Film G30S/PKI ini mulai diputar pukul 21.20 WIB. Panitia menyediakan satu layar besar untuk warga yang ikut nonton bareng.

(jbr/jbr)