30 Pegawainya Positif Corona, Dinkes Provinsi Gorontalo Berlakukan WFH

Ajis Khalid - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 17:30 WIB
Gedung Dinas Kesehatan Pemprov Gorontalo
Gedung Dinas Kesehatan Pemprov Gorontalo (Ajis Khalid/detikcom)
Gorontalo -

Sebanyak 30 pegawai di lingkungan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo terkonfirmasi positif Corona (COVID-19). Pihak Dinas Kesehatan kini memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH) selama sepekan.

"Kami di Dinas Kesehatan kurang-lebih sudah ada 30 orang yang terpapar COVID. Dan saya sudah mengambil kebijakan untuk satu minggu kami akan melaksanakan WFH. Jadi tidak ada aktivitas kecuali teman-teman yang melakukan pelayanan di lapangan bekerja sama dengan kabupaten/kota untuk melakukan swab test. Karena di Provinsi Gorontalo ini sudah terjadwal dimulai dari hari Senin sudah terjadwal semua ODP akan dilakukan swab test," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda EU Nalole pada Rabu (30/9/2020).

Dia menyatakan saat ini pegawai yang terkonfirmasi positif Corona sudah melakukan karantina atau isolasi. Misranda menuturkan ada yang sebagian sudah kembali sembuh atau pulih.

"Awalnya ada empat orang yang terpapar COVID. Maka kami sangat harus melaksanakan swab test pada seluruh pegawai, karena saya ingin meyakinkan. Karena kami berada di sektor yang melakukan pelayanan pada masyarakat, kami takut menularkan virus ini pada masyarakat, sehingga saya harus memastikan seluruh staf dalam keadaan sehat dengan cara swab test pada seluruh ASN, pegawai honor, pegawai cleaning service, dan sekuriti," jelas Misranda.

Dia menambahkan sudah ada surat dari Gubernur kepada para bupati dan wali kota untuk mengaktifkan kembali kegiatan karantina terpusat. Hal ini dilakukan agar tak ada pasien positif yang melakukan isolasi mandiri.

"Saat ini sudah ada surat dari Gubernur kepada bupati dan wali kota mengaktifkan kembali karantina terpusat. Artinya, ketika sudah ada karantina terpusat, tidak ada lagi yang melakukan isolasi mandiri, kecuali di rumah sakit dan tempat yang sudah ditentukan oleh pemerintah kabupaten/kota," terang Misranda.

Dia berharap masyarakat paham pentingnya menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta menghindari kerumunan.

"Melihat penyebaran atau penularan COVID untuk Provinsi Gorontalo, setiap hari kami menerima laporan hasil swab bertambah. Kami berharap jangan kendur untuk menjalankan protokol kesehatan, mengkonsumsi makanan bergizi, dan berolahraga," tutur Misranda.

(aud/aud)