Polisi: Petugas Menara-CCTV Center Ketiduran Saat Cai Changpan Kabur

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 16:41 WIB
Narapidana narkoba WN China bernama Cai Changpan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang. Cai kabur dengan membuat galian yang tembus ke gorong-gorong samping lapas.
Lokasi lubang galian tempat narapidana Cai Changpan kabur dari LP Tagerang. (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah petugas Lapas Tangerang dimintai keterangan terkait kaburnya narapidana narkoba Cai Changpan. Hasil pemeriksaan, ditemukan adanya indikasi kelalaian petugas Lapas Tangerang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan setidaknya ada dua petugas di Lapas Tangerang yang mengaku tertidur saat peristiwa kaburnya Cai Changpan.

"Kami juga masih mendalami semua, karena petugas yang berjaga di menara pengawas pada saat itu ketiduran. Dan juga petugas yang jaga CCTV juga di CCTV Center di Lapas pada saat kita melakukan pemeriksaan juga ketiduran mengakunya," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Yusri mengatakan pihaknya hingga kini belum menyimpulkan adanya indikasi internal Lapas Tangerang ikut membantu pelarian dari Cai Changpan.

"Ini yang masih kita dalami semua. Apa kemungkinan akan adanya keterkaitan adanya orang-orang yang membantu dia melarikan diri," sebut Yusri.

Hingga kini polisi juga masih mendalami sejumlah alat yang digunakan Cai Changpan untuk melarikan diri. Sejumlah alat tersebut berasal dari pembangunan dapur di dekat sel Cai Changpan.

Namun Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami alasan petugas Lapas Tangerang tidak ada yang mengetahui proses penggalian tersebut.

"Menurut keterangan teman satu selnya, alat-alat itu didapat oleh satu pembangunan dapur dekat situ. Baik itu sekop-sekop kecil. Makanya kita dalami semuanya untuk proses penyelidikan karena dalam jangka waktu 8 bukan dia menggali itu tidak ada yang tahu," jelasnya.

Cai Changpan kabur pada Senin (14/9). Hingga kini jejaknya belum diketahui. Pelarian warga negara China ini bukan pertama kali dilakukannya.

Sebelumnya, pada 2017, Cai sempat kabur saat menjadi tahanan Bareskrim. Dia ditahan di Rutan Narkoba Cawang, Jakarta Timur.

Warga negara China tersebut kabur dari Rutan Narkoba Polri dengan cara membobol tembok. Saat itu bersama-sama rekan satu selnya, Cai pergi melarikan diri.

(mei/mei)