Cai Changpan Bawa HP Teman Satu Sel Saat Kabur dari LP Tangerang

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 16:23 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan saat ditangkap Direktorat Tindak Pidana Narkota Bareskrim Polri. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri)
Jakarta -

Polisi mengungkap fakta baru terkait kaburnya Cai Changpan, narapidana yang kabur dari Lapas Tangerang. Pria WN China itu turut membawa handphone milik teman satu selnya.

"Dia (Cai Changpan) sempat membawa handphone dari si teman satu kamarnya atau satu sel tersangka tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Keterangan tersebut didapat setelah polisi turut memeriksa teman satu sel dari Cai Changpan tersebut. Hingga kini, total ada 14 saksi yang telah diperiksa polisi.

Para saksi tersebut dari petugas lapas, teman satu sel, hingga istri dan tetangga di kediaman Cai Changpan yang berada di Tejo, Bogor, Jawa Barat.

"Ada 14 saksi yang telah diperiksa termasuk istri dan juga termasuk beberapa warga di kediaman istri di daerah Tejo, di Bogor sana, karena tersangka setelah melarikan diri dari lapas itu sekitar 4,5 jam sudah sampai ke sana di kediamannya," terang Yusri.

Tim khusus yang dibentuk oleh Polda Metro Jaya yang melibatkan Polres Tangerang Kota hingga petugas Lapas Tangerang hingga kini masih terus melakukan pengejaran kepada Cai Changpan.

Seperti diketahui, Cai Changpan dinyatakan kabur dari Lapas Tangerang pada Senin (14/9) pagi. Warga negara asal China tersebut kabur dengan menjebol dinding sel dan membuat lubang menembus ke parit yang ada pada sisi gedung.

Total panjang lubang yang digali Cai Changpan berkisar 30 meter dengan estimasi 20 menit napi Cai bisa sampai ke gorong-gorong.

Polisi mengatakan sejak 8 bulan lalu napi Cai telah berupaya melakukan penggalian di selnya tersebut dengan menggunakan sejumlah peralatan yang berasal dari proyek pembangunan dapur di dekat sel tahanannya.

(mei/mei)