Anies Sebut Jakarta Punya 100 Rumah Sakit Rujukan untuk Pasien Corona

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 12:15 WIB
Anies Pimpin Apel Pasukan Siaga Banjir Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel kesiapan tanggap banjir di Polda Metro. (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada 100 rumah sakit rujukan untuk menangani pasien terinfeksi virus Corona yang tersedia di Jakarta. Rumah sakit tersebut nantinya digunakan untuk para pasien yang mengalami gejala sedang dan berat virus Corona.

"Bagi yang punya gejala sedang atau berat harus dirawat, sekarang ada tambahan rumah sakit sehingga kita saat ini ada 100 rumah sakit rujukan yang bisa digunakan," kata Anies di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (30/9/2020).

Anies menerangkan, di tengah penyebaran virus Corona yang masih tinggi di Jakarta, tiap warga yang terpapar virus Corona bisa memilih menjalankan isolasi, baik secara mandiri maupun lewat fasilitas yang disediakan pemerintah.

Menurut Anies, fasilitas seperti Wisma Atlet hingga beberapa hotel di Jakarta bisa digunakan oleh warga Jakarta yang terpapar virus Corona dengan status gejala ringan.

"Jadi pilihannya satu ditempatkan di fasilitas ada Wisma Atlet dan kemudian juga ada tempat-tempat lain yang sudah disiapkan, di Jakarta ada 3 tambahan tempat dan juga ada hotel. Ini yang untuk terkendali," ungkap Anies.

"Intinya, bila terpapar, harus isolasi secara terkendali," sambungnya.

Seperti diketahui, sejumlah langkah dilakukan Pemprov DKI Jakarta dalam penanganan virus Corona. Terbaru, Pemprov DKI Jakarta memiliki tiga tempat untuk isolasi pasien COVID-19 tanpa gejala.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan DKI Jakarta Fify Mulyani mengatakan, dari tiga lokasi itu, total ada 166 kamar yang tersedia.

"Total dari tiga wisma ada 166 kamar," ujar Fify kepada wartawan, Selasa (29/9).

Tiga lokasi itu berada di Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (Jakarta Islamic Centre), Jakarta Utara; Graha Wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur; dan Graha Wisata Ragunan, Kompleks GOR Jaya Raya Ragunan, Jakarta Selatan.

(mei/mei)