Peringati 30 September, Balai Kota DKI Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 30 Sep 2020 12:04 WIB
Bendera setengah tiang berkibar di Balai Kota DKI Jakarta dalam rangka memperingati 30 September 1965
Bendera setengah tiang berkibar di Balai Kota DKI Jakarta dalam rangka memperingati peristiwa 30 September 1965. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Bendera setengah tiang berkibar di halaman Balai Kota DKI Jakarta. Pengibaran bendera itu dilakukan untuk memperingati peristiwa 30 September 1965.

Pantauan detikcom di lokasi, bendera setengah tiang itu berkibar di depan Gedung Pendopo Balai Kota DKI. Gedung tersebut merupakan tempat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkantor.

"Iya, (ada pengibaran bendera) setengah tiang," ujar Kepala Biro Umum dan Administrasi Sekretariat Daerah Setda Provinsi DKI Jakarta Budi Awaluddin kepada wartawan, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, besok, 1 Oktober 2020, pihaknya akan memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Untuk besok, bendera kembali akan dinaikkan satu tiang penuh.

"Iya, (besok) memperingati Hari Kesaktian Pancasila," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meminta instansi pusat dan daerah serta seluruh masyarakat mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2020. Sedangkan esok hari, bendera dikibarkan satu tiang penuh.

Anjuran itu tertuang dalam surat edaran penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020. Surat edaran ini juga ditandatangani Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

"Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," demikian isi surat edaran tersebut.

(man/aud)