5 Kota di DKI Masuk 20 Daerah Kasus Kematian COVID di Atas 100, Ini Kata Wagub

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 22:32 WIB
Ahmad Riza Patria
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ilham/detikcom)
Jakarta -

Lima kota di DKI Jakarta tercatat dalam daftar 20 daerah dengan kasus kematian akibat Corona di atas 100. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya akan terus meningkatkan penanganan COVID-19 di Ibu Kota.

"Tentu kami akan terus lakukan pencermatan, penelitian, kita akan tingkatkan," ujar Riza di Balai Kota DKI, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (29/9/2020).

Selain itu, kata Riza, Pemprov DKI akan terus memperbaiki penanganan COVID-19. Hal itu dilakukan agar angka kematian warga yang terpapar virus Corona makin menurun.

"Kita perbaiki terus penanganannya, supaya angka kematian semakin menurun," kata Riza.

Berdasarkan data di situs corona.jakarta.go.id, jumlah orang yang meninggal dunia akibat terpapar virus Corona di Jakarta ada 1.718 orang. Total orang yang positif Corona di Jakarta hingga kini ada sebanyak 73.309 orang.

Dari jumlah tersebut, 58.865 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sementara kasus aktif di Jakarta saat ini ada 12.726 orang.

Sebelumnya diberitakan, ada 20 kabupaten/kota dengan angka kasus kematian akibat virus Corona (COVID-19) di atas 100. Pemerintah meminta 20 daerah ini lebih memperhatikan penanganan kasus Corona di wilayahnya.

Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menjabarkan 20 daerah itu dalam konferensi pers yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9). Wiku berharap semua daerah dapat menekan angka kasus kematian serendah mungkin.

"Dan juga kami perlu sampaikan untuk menjadi perhatian, masih ada 20 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki angka kematian lebih dari 100 orang," kata Wiku.

Berikut ini daftar 20 daerah dengan kasus kematian akibat Corona lebih dari 100 seperti yang disampaikan Wiku:

1. Kota Surabaya
2. Kota Semarang
3. Jakarta Pusat
4. Sidoarjo
5. Jakarta Barat
6. Jakarta Timur
7. Kota Makassar
8. Jakarta Selatan
9. Kota Medan
10. Gresik
11. Jakarta Utara
12. Kota Palembang
13. Kota Balikpapan
14. Kota Malang
15. Kota Banjarmasin
16. Demak
17. Pasuruan
18. Kota Manado
19. Kota Mataram
20. Kudus

Angka Kesembuhan COVID di DKI Capai 80 Persen

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza mengatakan angka kesembuhan pasien COVID di Jakarta saat ini sebesar 80 persen. Riza juga menyebut peningkatan kasus aktif baru atau orang yang positif Corona di Jakarta melandai.

Pelandaian itu terjadi dalam dua minggu terakhir atau ketika masa PSBB ketat diberlakukan.

"Angka kesembuhannya sudah luar biasa sudah 80 persen. Angka kematian menurun 2,4 persen," ujar Riza.

"Dalam dua minggu pertama kan ini memang ada penurunan, mulai melandai (kasus aktif), tapi kan angkanya belum signifikan, kita berdoa bekerja sama, bersinergi agar dua minggu ke depan angkanya terus menurun," tambahnya.

(man/idn)