SIDAK 29 September: 6 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 22:05 WIB
Lift gedung Nusantara 1 DPR sempat terbakar hebat (Dok. Istimewa).
Foto: Lift gedung Nusantara 1 DPR sempat terbakar hebat (Dok. Istimewa).
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto populer di mesin pencarian Google dan Twitter menjadi perbincangan hangat hari ini. Selain itu, pengumuman darurat bencana di Texas lantaran ditemukan amoeba pemakan otak juga ramai dibahas.

Rangkuman berita-berita popular itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 29/9/2020 MENGHILANGNNYA BAPAK TERAWAN HINGGA KABAR KEBAKARAN DPR yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman beritanya:

1. Texas Darurat Bencana Usai Ditemukan Amoeba Pemakan Otak

Otoritas Texas, Amerika Serikat mengeluarkan deklarasi darurat bencana. Pengumuman keadaan darurat itu usai kematian seorang anak laki-laki berusia enam tahun setelah terinfeksi amuba pemakan otak, yang terdeteksi di pasokan air di kawasan rumahnya.

Dilansir AFP, Selasa (29/9/2020), bocah tersebut meninggal dunia pada 8 September setelah infeksi yang disebabkan oleh amuba Naegleria fowleri, sejenis organisme mikroskopis yang berkembang biak di air danau atau sungai yang hangat dan segar. Amuba ini juga hidup di kolam renang yang tidak terawat dengan baik, demikian laporan media AS.

Amuba ini memasuki tubuh manusia melalui selaput hidung dan menembus ke otak. Kemudian penderitanya akan mengalami gejala migrain yang hebat, hipertermia, leher kaku dan muntah, kemudian pusing, kelelahan ekstrim, kebingungan dan halusinasi.


2. Dicari Najwa, Menteri Kesehatan Terawan Populer di Twitter

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menjadi trending di pencarian Google dan Twitter. Hal itu disebabkan, Najwa Shihab melalui program 'Mata Najwa' melayangkan sejumlah pertanyaan terkait penanganan pandemi Corona kepada kursi kosong yang disediakan untuk Menkes Terawan.

"Kesekian kalinya kami mengundang inilah kursi dan panggung Matanajwa untuk Menteri Terawan," kata Najwa Shihab dalam video singkat yang dilihat detikInet dari akun YouTube Najwa Shihab.

Najwa kemudian berbicara blak-blakan soal kursi kosong untuk Menteri Kesehatan Terawan. Dia menegaskan sedang tidak melakukan wawancara imajer, melainkan sedang mengajukan pertanyaan.

"Pertanyaan, kan, tidak harus diajukan secara tatap muka. Bisa dilakukan secara jarak jauh dengan perantara macam-macam medium," kata Nana, begitu biasa dia dipanggil, Selasa (29/9/2020).

3. Sepertiga Orang RI Diproyeksi Makan Lebih Dikit Karena Bokek

Bank Dunia (World Bank) memprediksi lebih dari sepertiga rumah tangga di Indonesia akan makan lebih sedikit dari biasanya. Hal itu dikarenakan kurangnya uang dari penghasilan sehingga akan membatasi makanan.

Chief Economist East Asia and Pacific dari World Bank Aaditya Mattoo mengatakan sebenarnya proporsi rumah tangga yang menghadapi kekurangan pangan telah turun antara Mei atau awal Juni. Namun lebih dari sepertiga sampai seperempat rumah tangga dilaporkan masih kekurangan makanan.

"Lebih dari sepertiga rumah tangga di Indonesia akan makan lebih sedikit. Kerawanan pangan dapat didorong oleh hilangnya pendapatannya karena COVID-19," kata Mattoo dalam Laporan Ekonomi Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik edisi Oktober, Selasa (29/8/2020).

Selanjutnya
Halaman
1 2