Update Peta Zonasi Corona Per 27 September: Ada 62 Daerah Zona Merah

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 18:06 WIB
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru (YouTube Setpres)
Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, mengungkap zonasi daerah terbaru. (YouTube Setpres)
Jakarta -

Satgas Penanganan COVID-19 memperbarui zonasi penularan virus Corona (COVID-19) di Indonesia. Pada 27 September 2020, terdapat 62 kabupaten/kota yang menjadi zona merah.

"Terjadi peningkatan jumlah daerah dengan risiko tinggi dari 58 kabupaten/kota menjadi 62 kabupaten/kota," kata juru bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito dalam jumpa pers yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (29/9/2020).

Wiku mengatakan tambahan empat kabupaten/kota memasuki zona merah ini sebagai peringatan. Menurutnya, ini harus menjadi perhatian agar angka penularan bisa ditekan.

"Ini adalah peringatan buat kita semua agar kita tetap bisa menekan angka penularan karena ada peningkatan daerah-daerah yang zonasinya jadi risiko tinggi," ucap Wiku.

Zonasi Penularan Corona di Indonesia per 29 September 2020Zonasi Penularan Corona di Indonesia per 29 September 2020 Foto: Dok. Istimewa

Selain tambahan empat kabupaten/kota zona merah, Wiku menyebut terdapat 1 kabupaten/kota yang juga meningkat statusnya menjadi zona kuning, sedangkan terdapat 1 kabupaten/kota yang juga menjadi risiko rendah atau zona hijau. Wiku juga menyebut ada penurunan 4 kabupaten/kota yang tak terdampak virus Corona.

"Begitu juga risiko sedang naik 1 kabupaten/kota dari 304 menjadi 305 dan risiko rendah dari 111 menjadi 112. Dilihat dari daerah yang tak terdampak, dari 20 turun menjadi 16," ujarnya.

Meski demikian, Wiku juga mengungkap ada 28 kabupaten/kota yang berhasil menurunkan status zona penularan dari zona merah jadi zona oranye. "Kami ingin sampaikan 28 kabupaten/kota yang telah berhasil menurunkan risiko dari zona merah menjadi zona oranye," imbuhnya.

Berikut ini 28 kabupaten/kota yang status zona penularannya turun:

Aceh
- Aceh Selatan
- Simulue
- Kota Banda Aceh,

Sumatera Utara
- Deli Serdang
- Medan
- Tebing Tinggi

Sumbar
- Bukit Tinggi

Riau
- Telalawan

Sumsel
- Lahat

Kepulauan Riau
- Batam

Jawa Barat
- Karawang
- Bekasi

Jawa Tengah
- Rembang

Jawa Timur
- Probolinggo
- Mojokero
- Sumenep
- Malang
- Batu

Bali
- Tabanan

Kalimantan Tengah
- Waringin Timur
- Barito Selatan
- Barito Utara
- Barito Timur

Kalimantan Selatan
- Kota Baru
- Balangan

Sulawesi Selatan
- Kepulauan Selayar

Gorontalo
- Bone Bolango

Papua Barat
- Teluk Bintuni

(maa/gbr)