Kabur dari LP Tangerang, Cai Changpan Sempat Mampir ke Rumahnya di Bogor

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 16:54 WIB
Cai Cangphan, Narapidana Narkoba yang Kabur dari Lapas Tangerang
Cai Changpan, narapidana narkoba yang kabur dari Lapas Tangerang. (Dok. Dttipidnarkoba Bareskrim Polri))
Jakarta -

Polisi turut memeriksa istri dari napi WN China, Cai Changpan, yang kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang. Hasilnya pemeriksaan itu diketahui Cai Changpan sempat mampir ke rumahnya di kawasan Bogor, Jawa Barat.

"Ada indikasi pada saat pelarian itu kan ada 11 jam baru diketahui oleh pihak lapas, dari mulai dia melarikan diri, terekam CCTV itu 11 jam baru diketahui oleh petugas lapas," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

"Kita lakukan pemeriksaan kepada istri yang bersangkutan dan keluarganya, karena memang jeda waktu dia melarikan diri sekitar 4 hingga 5 jam itu dia sudah sampai di kediamannya di daerah Tejo, Bogor. Dia sempat mampir ke rumahnya," sambung Yusri.

Polisi kini terus melakukan pemeriksaan kepada para saksi-saksi dari peristiwa kaburnya Cai Changpan. Dugaan adanya keterlibatan pihak lapas membantu pelarian Cai Changpan masih didalami.

"Makanya semua kita lakukan pemeriksaan, ada tiga shift petugas di sana pada saat itu, kita lakukan pemeriksaan," ujar Yusri.

Seperti diketahui, Cai Changpan kabur dari Lapas Tangerang pada Senin (14/9) lalu. Cai Changpan kabur dengan menjebol dinding sel dan membuat lubang menembus ke parit yang ada pada sisi gedung.

Polisi mengatakan Cai Changpan telah melakukan upaya penggalian lubang sel tahanannya sejak 8 bulan lalu. Sejumlah alat bukti berupa sekop, obeng, dan besi ditemukan polisi di lokasi.

Namun tindakan kaburnya Cai Changpan dari sel tahanannya bukan pertama kali ini saja. Sebelumnya, pada 2017, Cai sempat kabur saat menjadi tahanan Bareskrim. Dia ditahan di Rutan Narkoba Cawang, Jakarta Timur.

Warga negara China tersebut kabur dari Rutan Narkoba Polri dengan cara membobol tembok. Saat itu, bersama-sama rekan satu selnya, Cai pergi melarikan diri.

Lihat juga video 'Detik-detik WN China Kabur dari Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)