Akhyar Bicara Strategi Atasi Macet di Medan: Tambah Angkutan Massal

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 16:53 WIB
Akhar Nasution (Datuk Haris-detikcom)
Akhyar Nasution (Datuk Haris/detikcom)
Medan -

Kemacetan di Kota Medan menjadi salah satu masalah yang harus dibenahi oleh Wali Kota mendatang. Calon Wali Kota Medan, Akhyar Nasution, berbicara soal program mengatasi macet yang menjadi andalannya.

"Kita mengarah ke angkutan massal," ujar Akhyar di Medan Marelan, Selasa (29/9/2020).

Dia mengatakan salah satu cara yang bakal dilakukan adalah membuat angkutan massal berupa bus di Medan. Menurutnya, bus-bus tersebut nantinya akan melintas di sejumlah koridor.

"Kita akan mengarah ke angkutan bus dan kita menambah, mempersiapkan koridor-koridor angkutan massal itu terjadi interkoneksi yang bagus," tuturnya.

Akhyar juga menyinggung soal program bus buy the service yang sempat direncanakan beroperasi pada April 2020. Dia mengatakan bus tersebut bakal beroperasi akhir tahun ini.

"Insyaallah, akhir tahun ini bus, buy the service itu mulai beroperasi. Jadi kita memang mengarah kepada pengangkutan massal. Kita berharap begitu (warga beralih ke angkutan umum), di samping juga memperbaiki manajemen transportasi kita," ucap Akhyar.

Adapun kemacetan di Medan kerap terjadi di sejumlah titik saat jam-jam sibuk pagi dan sore hari. Masalah kemacetan juga menjadi salah satu yang paling banyak dikeluhkan warga Medan berdasarkan survei yang digelar City Research Center (CRC) pada 7-11 September 2020.

Dari 400 orang responden, 28 persen menyatakan masalah utama di Kota Medan adalah kemacetan. Masalah berikutnya yang banyak dikeluhkan warga Medan adalah soal keamanan dan ketertiban.

(haf/haf)