WN China yang Kabur dari Lapas Tangerang Gali Lubang Sel Selama 8 Bulan

Yogi Ernes - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 16:14 WIB
Tampang Cai Changpan saat masuk lapas.
Tampang Cai Changpan saat masuk lapas. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Tim gabungan masih melakukan pengejaran kepada Cai Changpan, narapidana warga negara (WN) China yang kabur dari lembaga pemasyarakatan atau Lapas Tangerang. Hasil penyelidikan, diketahui pelaku telah berupaya menggali lubang di dalam selnya untuk kabur sejak 8 bulan lalu.

"Pemeriksaan terhadap saksi satu sel dia menyampaikan bahwa memang yang bersangkutan (Cai Changpan) ini sudah 8 bulan dia lakukan kerja untuk mencongkel lobang tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (29/9/2020).

Yusri menerangkan pihaknya telah melakukan olah TKP di sel Cai Changpan tersebut. Lubang yang digali itu sepanjang memiliki panjang 30 meter. Pelaku sendiri bisa keluar menuju gorong-gorong dalam waktu 20 menit.

Polisi sendiri telah menemukan beberapa barang bukti dari proses pelarian Cai Changpan di selnya. Yusri menjelaskan alat-alat tersebut didapatkan saat adanya proses pembuatan dapur di dekat sel pelaku.

"Dia menggunakan ada sekop, makanya ini kita masih dalam semuanya kita masih akan adakan pemeriksaan, karena beberapa saksi-saksi yang kita lakukan pendalaman di sana, termasuk alat-alat yang kita temukan di TKP itu seperti besi, obeng, pahat, karung tanah, itu dia lakukan (penggalian) sejak 8 bulan lalu," terang Yusri.

Seperti diketahui, Cai Cangpan kabur dari Lapas Tangerang pada Senin (14/9) lalu. Bandar narkoba itu kabur dengan menjebol dinding sel dan membuat lubang menembus ke parit yang ada pada sisi gedung.

Ternyata aksi pelarian Cai Changpan itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya dia juga pernah kabur saat menjadi tahanan narkoba Bareskrim Polri.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar mengatakan, pada 2017 Cai menjadi tahanan Bareskrim. Dia ditahan di Rutan Narkoba Cawang, Jakarta Timur.

"Betul sekali, ketika ditahan di Bareksrim juga CCP (Cai Changpan) pernah melarikan diri dari Rutan Polri di Cawang (pada 2017)," kata Krisno saat dihubungi detikcom, Kamis (24/9).

Kini polisi masih terus melakukan pengejaran kepada WN China tersebut. Polisi masih mendalami adanya kemungkinan pihak-pihak internal lapas yang membantu pelarian dari Cai Changpan.

(elz/ear)