Penuh Luka dan Tersesat, Lumba-lumba Terdampar di Lombok Dievakuasi

Jabbar Ramdhani - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 14:53 WIB
Polisi dan warga mengevakuasi seekor lumba-lumba yang terdampar di Pantai Rambang, Lombok Timur, NTB (dok Istimewa)
Polisi dan warga mengevakuasi seekor lumba-lumba yang terdampar di Pantai Rambang, Lombok Timur, NTB. (Foto: dok. Istimewa)
Lombok Timur -

Seekor lumba-lumba hidung botol terdampar di pesisir Pantai Rambang, Lombok Timur (Lotim), Nusa Tenggara Barat (NTB). Tubuh lumba-lumba tersebut juga mengalami luka-luka.

Kasat Reskrim Polres Lotim AKP Daniel Pantogi mengatakan lumba-lumba tersebut ditemukan pada Senin (28/9) sekitar pukul 14.00 Wita. Warga yang menemukan mamalia tersebut lalu melapor ke Bripka Hirli, yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Surabaya, Sakra Timur, Lotim.

"Nelayan Pantai Rambang dan warga sekitar pantai telah menemukan satu ekor lumba-lumba air asin yang diperkirakan terlepas dari kelompoknya, tersesat, atau terdampar di (Desa) Menanga, Pantai Rambang," kata AKP Daniel dalam keterangannya, Selasa (29/9/2020).

Setelah berkoordinasi, lumba-lumba tersebut lalu dikembalikan ke habitatnya. Warga dan petugas melepaskan lumba-lumba tersebut ke laut.

"Ambil kesepakatan bahwa lumba-lumba tersebut akan dirilis atau dilepaskan kembali ke laut. Sekitar pukul 17.00 Wita, dengan menggunakan perahu milik nelayan kemudian lumba-lumba tersebut digiring ke laut dan kemudian dilepaskan," ujarnya.

(jbr/idh)