Polda Kalsel: Polisi 'Koboi' Acungkan Airsoft Gun, Jengkel Disalip

Idham Kholid - detikNews
Selasa, 29 Sep 2020 11:24 WIB
Airsoft gun yang dipakai oknum polisi dalam aksi koboi di jalanan (Antara)
Airsoft gun yang dipakai oknum polisi dalam aksi koboi di jalanan. (Antara)
Jakarta -

Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) mengatakan oknum polisi 'koboi' yang diamankan tidak mengacungkan pistol, melainkan airsoft gun. Oknum polisi itu mengaku jengkel disalip saat di jalanan.

"Jengkel aja disalip dia, ada keperluan mendesak, disalip, nyalipnya sepertinya ugal-ugalan atau gimana. Airsoft gun dikeluarkan. Tujuannya untuk anu saja, untuk shock therapy atau apa," kata Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifa'i saat dihubungi, Selasa (29/9/2020).

"Bukan (pistol)," imbuhnya.

Rifa'i menuturkan oknum polisi itu telah diproses oleh propam dan ditahan. Polisi masih mengkaji ada-tidaknya unsur pidana dalam kejadian pada Minggu (27/9/2020) itu.

"Nanti kita lihat kan masih berlanjut, senjatanya kan bukan senjata sendiri, minjem punya siapa nggak tahu, kita telusuri, intinya kita proses. Kode etik pasti, disiplin iya, nanti kalau ada pidananya ya akan kita ikutkan juga," ujarnya.

Jika terbukti bersalah secara kode etik dan disiplin, oknum polisi tersebut terancam sejumlah sanksi. Mulai dari teguran hingga pemecatan.

"Sanksi kalau disiplin kan bisa sampai, kode etik ya, bisa sampai dipecat, teguran tertunda pangkat sekolah itu kan biasa demosi," ujarnya.