300 Tahanan di Rutan Polda Metro Jalani Swab Test, Hasilnya Negatif

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 23:22 WIB
Rutan Krimum Polda Metro Jaya
Rutan Krimum Polda Metro Jaya (Matius Alfons/detikcom)
Jakarta -

Sebanyak 300 tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya menjalani swab test pencegahan virus Corona. Ke-300 tahanan tersebut statusnya sudah tahap 2 untuk dilimpahkan ke kejaksaan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan program swab test tersebut dilakukan secara terpadu bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Kementerian Hukum dan HAM, hingga Kejaksaan.

"300 orang tahanan dari seluruh jajaran Polda Metro Jaya yang memang sudah masuk statusnya tahanan kejaksaan yang sudah tahap dua. Sesuai aturan persyaratan saat ini tiap tahanan yang akan masuk ke lapas harus bebas dari COVID-19," kata Yusri kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (28/9/2020).

Lalu, bagaimana hasil swab test dari 300 tahanan tersebut?

Menurut Yusri seluruh tahanan yang telah di-swab test tersebut dinyatakan negatif Corona. Seluruh tahanan tersebut nantinya pada Kamis (1/10) akan dipindahkan ke kejaksaan.

"Dari 300 ini kita lakukan uji swab dan semua negatif. Rencananya tanggal 1 Oktober akan kita pindahkan," ujar Yusri.

"Jadi tahanan ini yang sudah tahap dua dan dalam kondisi sidang nanti semuanya akan kita limpahkan tanggal 1 Oktober ke lembaga pemasyarakatan, dalam hal ini Kum HAM setelah kita lakukan swab test terpadu," sambungnya.

(mei/mei)