Satgas COVID-19: Data Juli, 30 Persen Warga DKI Yakin Tak Kena Corona

Tim detikcom - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 18:35 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/9/2020). Rapat itu membahas RKA K/L tahun 2021. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nz
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyampaikan, 30 persen masyarakat di Provinsi DKI Jakarta merasa tidak akan tertular Corona. Data ini diambil pada bulan Juli 2020.

"Bidang perubahan perilaku juga telah bekerja sama dengan Kemenkes, Balitbang Kemenkes yang juga dapatkan data tentang alasan masyarakat yang merasa tidak akan kena Covid. Ternyata ada 5 provinsi teratas, yang pertama itu DKI angkanya pada posisi 30 persen. Lantas berturut-turut itu Jawa Timur 29 persen, Jawa Tengah 18 persen, dan Jawa Barat 16 persen, serta Kalimantan Selatan 14 persen. Itu data bulan Juli lalu," kata Doni dalam acara rilis survei Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 secara virtual, Senin (28/9/2020).

Doni pun menanggapi temuan survei Badan Pusat Statistik (BPS) soal 17 persen responden meyakini bahwa dirinya tidak akan terpapar virus Corona. Doni mengingatkan bahaya penularan virus Corona lewat orang tanpa gejala alias OTG.

"Masalahnya Covid ini ditulari atau medianya bukan hewan, tapi manusia. Manusia yang sakit, kita bisa antisipasi, sudah dirawat di RS, kita bisa hindari. Masalahnya mereka yang tanpa gejala, artinya sebagai carrier. Kalau seandainya 17 persen tadi yakin tidak terpapar Covid, lantas ada di antara orang terdekat positif Covid, cepat atau lambat pasti tertular," ujar Doni.

Selanjutnya
Halaman
1 2