Istri Gubernur Bali Positif Corona, Isolasi Diri di Tempat Karantina OTG

Angga Riza - detikNews
Senin, 28 Sep 2020 16:25 WIB
Istri Gubernur Bali I Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini
Istri Gubernur Bali I Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini positif Corona. (Tangkapan layar)
Denpasar -

Istri Gubernur Bali I Wayan Koster, Ni Putu Putri Suastini, mengumumkan dirinya terkonfirmasi virus Corona (COVID-19). Suastini masuk kategori orang tanpa gejala (OTG).

Suastini mengumumkan dirinya positif virus Corona lewat video yang diunggah di akun Instagram miliknya, @niputuputrisuastini. Dalam video yang diunggah pada Sabtu (26/9/2020) tersebut, ia sedang berada di tempat karantina OTG. Ia juga memaparkan bahwa dirinya sehat, namun saat menjalani swab test hasilnya positif.

"Om swastiastu semeton nitiang sami juga ada temen-temen luar Bali untuk semeton Sudarma Benjang hari raya kuningan, rahajeng hari raya Kuningan, sementara tiang (saya) masih di sini di tempat karantina bagi yang OTG, orang tanpa gejala karena ternyata setelah melakukan swab ada virus dalam tubuh tiang walaupun sesungguhnya tiang merasa sehat," kata Suastini dalam video yang diunggah, seperti dilihat detikcom, Senin (28/9).

Lebih lanjut, Suastini juga menyatakan bahwa gula darah, tensi, dan organ tubuh lain dirinya normal setelah diperiksa. Setelah terkonfirmasi Corona, ia melakukan karantina di salah satu hotel khusus OTG.

"Gula darahnya normal, tensinya normal kemudian juga organ tubuh juga paru paru dan lain sebagainya termasuk oksigen di dalam darah normal tapi karena positif dan OTG jadi mesti apa ya? Mengkarantina diri supaya virus yang ada di dalam tubuh tiang tidak menular pada yang lain," tutur Suastini.

"Nah itu ada aturannya dari positif pertama kemudian sepuluh harinya ditambah 3 harinya tiang harus jauh dari temen-temen, jauh dari orang-orang yang tidak ada virus di dalamnya, tubuhnya, supaya tidak menular," imbuhnya.

Suastini mengatakan, baru bisa kembali beraktivitas apabila sudah negatif saat kembali dites swab. Ia pun optimistis bisa segera sembuh dari virus COVID-19.

"Setelah dites swab tiang negatif itu sudah boleh keluar bersosialisasi lagi dan tentunya menurut dokter ketika tiang sudah kena virus sekarang imunya akan bangkit, akan ada imun yang menjaga tiang selama 3 bulan ke depan. Kalau terpapar lagi 1 x 24 jam itu sudah bisa diatasi oleh imun sendiri," sebut Suastini.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur Bali I Wayan Koster mengatakan lebih dari 20 orang di lingkungan rumahnya terkonfirmasi positif Corona. Dari ajudan, pelayan, hingga tukang kebunnya.

"Ajudan saya empat, empat-empatnya kena. Yang satu sudah sembuh, yang satu sembuh tapi belum saya izinkan ngantor. Yang dua masih dikarantina. Kemudian juga pramusajinya, tukang kebunnya, tukang ketiknya kena, banyak sekali," ungkap Koster, Kamis (24/9).

Koster juga meminta masyarakat tidak menyepelekan virus Corona. Dia meminta masyarakat menaati protokol kesehatan demi memutus penyebaran Corona.

"Jadi nggak bisa lagi ini dianggap main-main. Jadi, kalau ada mengatakan itu Corona ini adalah suatu persekongkolan, nggak benar. Korbannya banyak, yang positif banyak, yang meninggal banyak. Jadi dari itu saya mohon semua para hadirin sekalian, ikutilah apa yang menjadi arahan dan kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota dalam menjalankan disiplin protokol kesehatan," tegasnya.

(elz/ear)