Kisah Napi Kabur dari Penjara

Mirip di LP Tangerang, Trio Napi Ini Kabur dengan Bikin Lubang

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 12:55 WIB
Ilustrasi Napi di Penjara
Foto ilustrasi narapidana di penjara. (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Napi bandar narkoba Cai Cangpan masih berkeliaran usai kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan membuat lubang. Cara serupa pun pernah dilakukan oleh trio napi di Penjara Parkhurst, Inggris.

Dilansir dari Associated Press, pada 12 Januari 1995, Andrew Rodger, Keith Rose, dan Matthew Williams mencoba melarikan diri dari Penjara Parkhurst.

Parkhurst adalah satu dari enam fasilitas keamanan teratas di Inggris dan 216 narapidana, termasuk penjahat kejam.

Keith Rose (45) dipenjara seumur hidup pada 1991 karena membunuh istri taipan supermarket yang diculiknya.

Sementara itu, Andrew Rodger (44) adalah seorang pencuri yang memukul seorang penjaga malam sampai tewas. Yang ketiga, Matthew Williams (25) adalah seorang mahasiswa sains yang menjalani kehidupan setelah dihukum atas tuduhan termasuk konspirasi menyebabkan ledakan.

Mereka bertiga bekerja sama untuk merencanakan pelarian diri. Cara pertama ialah dengan membuat duplikat kunci milik sipir penjara. Mereka berhasil kabur dengan mengendap-endap saat penjara tampak sepi. Mereka lantas membuat lubang di pagar kawat kemudian menyeberanginya dengan tangga.

Namun, aksi mereka harus terhenti karena empat hari setelahnya mereka tertangkap oleh petugas. Padahal mereka sempat ingin kabur dengan membajak pesawat. Kendati demikian, kisah pelarian tiga napi ini sempat mencoreng nama pemerintahan Perdana Menteri John Major.

Tonton juga 'Detik-detik WN China Kabur dari Lapas Tangerang':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2