Satpol PP Ancam Cabut Izin Kafe Bekasi yang Pengunjungnya Joget Berkerumun

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 12:17 WIB
Kafe di Bekasi disegel usai viral ramai pengunjung joget
Kafe di Bekasi disegel karena langgar protokol kesehatan (Foto: Sachril/detikcom)
Bekasi -

Kafe Broker Coffee and Roastery disegel usai viral di media sosial karena pengunjungnya berjoget sambil diiringi musik dan berkerumun. Satpol PP Kota Bekasi pun mengancam mencabut izin usaha jika kafe tersebut kembali melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Kalau masih bandel kita cabut izinnya," kata Kasatpol PP Kota Bekasi Abi Hurairah saat dihubungi, Minggu (27/9/2020).

Abi mengatakan Kafe Broker Coffee and Roastery disegel tadi malam. Dia mengungkapkan kafe itu disegel sementara sampai waktu yang belum ditentukan.

"Belum tentu diinikan (sampai kapan penyegelan). Besok baru kita undang, gitu," lanjutnya.

Meski disegel, Abi mengungkapkan, Kafe Broker Coffee and Roastery tidak diberi sanksi denda administratif. "Nggak ada, nggak ada (denda administratif). Betul (setelah disegel, kafe ini bisa beroperasi lagi)," ujar dia.

Lebih lanjut, Abi mengatakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bekasi akan mengundang pengelola Broker Coffee and Roastery dan kafe lainnya yang melanggar aturan protokol kesehatan COVID-19. Undangan, kata dia, diberikan ke para pelanggar Prokotol COVID-19 untuk dilakukan pembinaan.

"Semuanya para pengusaha kita undang di stadion (Stadion Patriot), ya. Yang mengundang nanti budpar ya, bukan saya, gitu. Silahkan ke Pak Teddy (Kadisbudpar)," kata Abi.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial (medsos) memuat pengunjung berjoget diiringi musik di sebuah kafe di Bekasi. Pengunjung kafe tersebut nampak berkerumun dan mengindahkan protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

Viral video itu berbuntut panjang dengan disegelnya kafe tersebut. Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i membenarkan penyegelan itu. Kafe Broker Coffe and Roastery disegel lantaran sudah kali ketiga melakukan pelanggaran.

"Kemarin itu rencana kita memang sudah pada tahapan yang harus dilaksanakan (yaitu) peringatan terakhir (berupa) penyegelan. Ada 3 kali lebih (kafe Broker Coffee and Roastery melanggar protokol COVID-19)," kata Kapolsek Bekasi Selatan Kompol Imam Syafi'i, saat dihubungi, Minggu (27/9/2020).

Tonton juga 'Muda-mudi Bekasi Asyik Joget Berkerumun, Berujung Penyegelan Kafe':

[Gambas:Video 20detik]

(mae/mae)