Kisah Napi Kabur dari Penjara

Mirip di LP Tangerang, Napi Ini Kabur dari Alcatraz Pakai Alat Sederhana

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 27 Sep 2020 08:53 WIB
John Anglin, Clarence Anglin and Frank Morris (BBC News)
John Anglin, Clarence Anglin, dan Frank Morris (BBC News)

Pelarian itu kemudian diabadikan dalam film '1979 Escape from Alcatraz', yang dibintangi Clint Eastwood.

Cerita para napi itu mirip dengan Cai Cangphan yang kabur dengan memakai alat sederhana, seperti besi dan obeng. Sebelumnya, Cai Cangphan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang dengan cara menggali lubang di dalam kamar sel pada Senin 14 September 2020. Lubang tersebut terhubung ke bagian luar Lapas.

Sebuah CCTV di samping gedung Lapas merekam aksi detik-detik Cai Cangphan ketika meloloskan diri dengan keluar dari gorong-gorong. Cai Cangphan perlu waktu 5-6 bulan untuk menggali lubang tersebut dengan besi dan obeng.

Cai Cangphan sebelumnya ditangkap oleh Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Polri pada Oktober 2016 di Jalan Raya Prancis, Dadap, Kosambi Timur, Tangerang, dengan barang bukti 135 kg sabu. Dia kemudian ditahan di Rutan Bareskrim Polri bersama 9 tahanan lainnya.

Beberapa bulan setelah ditahan, tepatnya pada Januari 2017, dia kabur bersama 6 tahanan lainnya. Cai Cangphan dkk kabur dengan cara menjebol tembok kamar sel menggunakan besi. Cai Changphan alias Antoni sendiri saat itu tertangkap kembali pada Sabtu, 28 Januari 2017, di lereng Gunung Wayang, Desa Sukati, Kecamatan Kalapanunggal, Sukabumi.

Pada 17 Juli 2017, PN Tangerang menjatuhkan vonis hukuman mati kepada Cai. Hukuman mati itu dikuatkan oleh Pengadilan Tinggi (PT) Banteng pada 27 September 2017.

Halaman

(rdp/fjp)