Terawan Perintahkan Pemindahan 34 Set ICU dari Wisma Atlet ke RS UI

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 22:13 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Menkes Terawan Agus Putranto (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memerintahkan pemindahan 34 unit dari 39 unit set intensive care unit (ICU) dari Rumah Sakit Darurat (RSD) Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran ke RS Pendidikan Universitas Indonesia (UI). Kini, tersisa 5 set ICU di RS Wisma Atlet.

"Sesuai arahan pimpinan, dalam hal ini Bapak Menteri Kesehatan, sebagian dipindahkan ke RS yang kami sebut tadi, RS pendidikan di UI Depok," kata Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayjen TNI, dr Tugas Ratmono, dalam jumpa pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Sabtu (26/9/2020).

Dia memahami, sebagian besar dari 39 bed ICU di Wisma Atlet dipindahkan ke RS Pendidikan Universitas Indonesia (UI) di Depok Jawa Barat lantaran RS di Depok itu memerlukannya. Ini adalah bagian penanganan COVID-19 di Jakarta dan sekitarnya.

Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww.Ilustrasi: Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/aww. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

"Dan disisakan ada 5 unit atau 5 set ICU untuk membantu penanganan di RS Darurat COVID-19 ini," kata Tugas Ratmono.

Tugas Ratmono menjelaskan betapa pentingnya 5 set ICU yang tersisa itu. Pasien di kompleks Wisma Atlet bisa tertangani dengan baik bila mengalami penurunan kondisi. Setelah itu, barulah pasien itu dibawa ke rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta.

"Maka keberadaan 5 unit set ICU ini sangat penting untuk di Rumah Sakit Darurat COVID di Wisma Atlet," kata dia.

(dnu/rfs)