Baliho Misterius #ErickOut di Tangsel Diturunkan

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 21:05 WIB
Ilustrasi Erick Thohir
Ilustrasi Erick Thohir (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Baliho yang menyangkut nama Menteri BUMN Erick Thohir sempat terpasang di Pamulang, Tangerang Selatan (Tangsel). Satpol PP mengatakan baliho itu diduga terpasang sejak Jumat.

"(Diketahui) Jumat (25/9). (Dipasang kapan) kurang tahu juga karena waktu hari Kamis (24/9) saya melintas belum ada. Mungkin malam Jumat atau Subuh," kata Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Tangerang Selatan Sapta Mulyana ketika dimintai konfirmasi, Sabtu (26/9/2020).

Baliho yang menampilkan gambar Erick Thohir dengan tulisan #ErickOut dan Erick Gagal itu berlokasi di Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel, tepatnya di depan kantor PLN. Satpol PP belum mengetahui siapa pemasang baliho tersebut dan maksud tujuannya.

"Tidak tahu (tujuannya), belum ada orang yang bisa dimintai konfirmasi," ujar Sapta.

Sapta mengatakan Satpol PP hari ini sudah berencana menurunkan baliho itu karena diduga mengandung provokasi. Namun baliho itu sudah terlepas. Belum diketahui pula siapa yang menurunkan.

"Itu dilepas sama pemiliknya katanya, nggak tahu siapa. Jadi itu termasuk penulisan-penulisan mengarah ke perorangan atau apa yang jelas kami tiga pilar, TNI, Polri, Satpol PP, rencana mau turunkan, ternyata sudah diturunkan," ujar Sapta.

Sapta mengatakan baliho itu hendak diturunkan aparat karena mengandung unsur provokasi. Untuk penelusuran siapa pemasang baliho, Sapta menyebut pihak kepolisan yang berwenang.

"Kalimatnya saja Erick Thohir gagal, artinya kan beliau orang di pemerintah pusat, artinya ada bahasa-bahasa itu kan bisa memancing provokasi masyarakat. Makanya untuk kelanjutannya belum bisa kita temukan (pemasangnya)," kata Sapta.

"Itu pihak kepolisian yang menelusuri, bukan kami," imbuhnya.

(idh/idh)