Arteria: Kejagung Harus Cari Tahu soal Isu Cleaning Service di Kasus Kebakaran

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 09:01 WIB
Arteria Dahlan (Rahel Narda Chaterine/detikcom).
Arteria Dahlan (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi PDIP Arteria Dahlan menyebut salah satu saksi di kasus kebakaran gedung Kejagung merupakan petugas cleaning service yang memiliki rekening berisi lebih dari Rp 100 juta. Arteria menilai Kejagung harus mencari tahu soal isu tersebut.

"Ditanyakan ke Kejagung, saya kan hanya memberikan berdasarkan tugas dan fungsi kami melakukan kerja-kerja pengawasan, melakukan investigasi, menghimpun dan mengumpulkan bahan keterangan. Ternyata diperoleh informasi sebagai berikut. Tinggal dikonfirmasikan kepada Kejagung, apakah benar yang saya sampaikan? Kalau benar, namanya siapa dan kenapa bisa terjadi seperti itu," kata Arteria saat dihubungi, Jumat (24/9/2020).

Ia mengatakan informasi itu didapatkannya dari sejumlah pihak. Menurutnya, salah satu yang harus dicari tahu adalah mengapa cleaning service tersebut memiliki akses ke lantai 6, padahal dia bekerja di lantai 1.

"Itu yang harus dicari tahu kok bisa keluar-masuk. Tugas di bawah tapi bisa masuk ke lantai 6, lantai 6 punya cleaning service dan yang dari bawah nggak bisa masuk juga karena nggak punya akses ke atas. Siapa yang berikan akses, terus kenapa kok rambutnya dipelontosin sekarang, ada apa ini?" ujarnya.

Ia juga mempertanyakan pendampingan yang diberikan kepada cleaning service itu setiap kali pemeriksaan sebagai saksi. Menurutnya, Kejagung harus menjelaskan kabar-kabar itu semua kepada publik.

"Selalu Arteria itu menanyakan dengan bertanya, apa benar? Apa benar? Ya kan namanya orang tanya, jawab saja. Kalau jawabannya nggak benar, ya, kita tanya lagi. Kalau soal bukti (rekening lebih dari Rp 100 juta) kayak gitu, tanya saja ke kejaksaan," kata Arteria.

"Saya minta Kejaksaan jelaskan. Jadi kalau kita menuduh, ntar salah. Kita ingin tahu, saya gunakan hak saya untuk minta informasi dari mitra kerja kami," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Arteria Dahlan memang mempertanyakan info soal ada saksi dari cleaning service yang mempunyai Rp 100 juta di rekeningnya itu saat rapat kerja dengan Jaksa Agung di DPR, Kamis (24/9). Kejagung memberi penjelasan soal pemeriksaan cleaning service tersebut.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menegaskan pihaknya akan mengusut tuntas dalang di balik kebakaran gedung utama Kejagung. Termasuk mengusut soal rekening cleaning service yang dipertanyakan Arteria Dahlan.

"Dan bagi saya, kemarin disampaikan oleh Kabareskrim, saya memang bersyukur, (tersangka) harus ditemukan. Saya minta harus ada. Kalau memang ada itu kesengajaan atau kelalaian, saya mengharapkan adanya tersangka untuk itu. Dan siapa tersangka ini, untuk kita dalami sampai sejauh mana tanggung jawabnya. Sejauh mana perbuatan itu dilakukan," ujar Burhanuddin dalam rapat bersama Komisi III DPR, Kamis (24/9/2020).

"Bahkan informasi adanya rekening-rekening, rekening ini juga, mohon izin, ini sudah didalami oleh penyidik Kabareskrim, tentang adanya rekening katanya Rp 100 juta yang tidak sesuai dengan pendapatannya," ungkapnya.

(ibh/zak)