Round-Up

Wanti-wanti Terawan Anggap Semua Positif Corona di Masa Pandemi

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Sabtu, 26 Sep 2020 06:52 WIB
Menkes Terawan Agus Putranto
Menkes Terawan Agus Putranto. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Kasus kematian akibat virus Corona (COVID19) di Indonesia tembus angka 10 ribu. Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat ikhlas memakai masker.

Terawan tidak jemu mengingatkan pentingnya menggunakan masker di masa pandemi COVID-19. Terawan lalu mengibaratkan semua orang harus dianggap positif Coroba tapi bukan sakit.

"Harus menganggap semua orang positif, bukan sakit, kita pakai masker karena masa pandemi. Harus ikhlas pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga jarak," kata Terawan dalam keterangan tertulis dikutip di situs Kemkes, Jumat (25/9/2020).

Pernyataan itu disampaikan Terawan saat mengunjungi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Pinang, pada Kamis (24/9/2020).

Hadir dalam pertemuan tersebut yaitu KKP Batam, KKP Tanjung Pinang, KKP Tanjung Balai Karimun, Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam, Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam, dan Poltekkes Tanjung Pinang.

Terawan mengajak semua berdoa dan tawakal. "Pengalaman kalian pasti luar biasa, saya minta untuk semua sabar, berdoa, tawakal, dan tetap berbahagia," ujar Terawan.

Dalam kesempatan itu, Terawan juga memastikan tenaga kesehatan dari UPT Kemenkes di Provinsi Kepulauan Riau yang menangani kasus COVID-19 mendapatkan insentif secara menyeluruh.

Terawan juga berkomunikasi langsung dengan para pimpinan dari UPT tersebut. Dia ingin memastikan bahwa insentif sudah diterima. Dia pun meminta Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit untuk memenuhi kebutuhan setiap daerah.

Dalam enam bulan pandemi, Indonesia telah mencatatkan lebih dari 10 ribu jumlah kematian pasien Corona.

Tonton video '6.248 Jenazah Dimakamkan dengan Protap Covid-19 di DKI':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2