Eks Anak Buahnya Jadi Pjs Bupati Samosir, Djarot: Dia Pekerja Keras-Lurus

Haris Fadhil - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 19:47 WIB
Plt Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat (Datuk Haris Molana-detikcom)
Ketua PDIP Sumut, Djarot Saiful Hidayat (Datuk Haris Molana/detikcom)
Medan -

Mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengucapkan selamat kepada mantan anak buahnya, Lasro Marbun, yang kini dipercaya Gubsu Edy Rahmayadi sebagai Pjs Bupati Samosir. Djarot menyebut Lasro sebagai pekerja keras dan lurus.

"Saya kenal dengan Pak Lasro, aslinya memang dari Samosir. Dia seorang pekerja keras, disiplin, dan lurus," ujar Djarot, Jumat (25/9/2020).

Djarot, yang kini menjabat Ketua PDIP Sumut, mengatakan Lasro merakyat selama menjabat di DKI. Menurutnya, Lasro tak pernah neko-neko selama menjabat.

"Selama menjabat sangat merakyat, sederhana, dan tidak neko-neko. Selamat bekerja untuk Pak Lasro, semoga selalu sehat dan tambah semangat," tuturnya.

Lasro sebelumnya pernah menempati sejumlah posisi di DKI Jakarta. Lasro dilantik Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Dinas Pendidikan, Rabu (12/2/2014) lalu. Dia semula menjabat Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Kabiro Ortala).

Lasro sempat diisukan ingin mundur dari Kadisdik DKI karena sikap anak buahnya di Disdik DKI yang dianggap sudah terlalu parah. Wagub DKI saat itu, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), sempat menyebut Lasro sebagai 'orang yang bagus'.

"Pak Lasro sih termasuk orang bagus, orang jujur. Tapi dia bilang ke saya, sudah terlalu parah di Dinas Pendidikan," ucap Ahok di Jakarta, Rabu (6/7/2014).

Pada era kepemimpinan Ahok, Lasro pernah menjabat Kepala Inspektorat DKI. Namun, Lasro dicopot Ahok usai kasus pengadaan UPS dan anggaran siluman di APBD DKI mencuat.

"Kenapa dua orang itu (Lasro Marbun dan Andi Baso dicopot)? Karena dua orang itu, saya tidak tahu terlibat atau tidak terlibat secara langsung, tapi mereka adalah orang yang langsung berhubungan dengan UPS, scanner, dan APBD siluman, menurut saya," kata Ahok, Jumat (27/11/2015).

Setelah dicopot Ahok, Lasro sempat menjabat Kepala Bappeda di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) Sumut. Lasro kemudian ditarik lagi oleh Djarot ke DKI Jakarta.

"Saya lihat dia pribadi sebenarnya orangnya lurus gitu. Karena itu, kami perlukan untuk percepatan di bidang pengawasan. Dia lama di inspektorat dan dia lama di Dinas Pendidikan. Tenaganya diperlukan di TGUPP," ujar Djarot di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (14/7/2017).

Lasro kemudian menjabat Inspektur Pemprov Sumut sejak 2019. Kini, dia dipercaya Edy menjaga netralitas ASN di Samosir selama masa Pilkada 2020.

(haf/haf)