Mendagri Minta Paslon Pilkada Adu Gagasan Atasi Dampak Pandemi Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 15:56 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam acara peluncuran gerakan 2 juta masker di Depok (dok. Kemendagri)
Foto: Mendagri Tito Karnavian (dok. Kemendagri)
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berharap agenda Pilkada 2020 digunakan sebagai momentum adu gagasan calon kepala daerah dalam menangani pandemi virus Corona (COVID-19). Sehingga kepala daerah yang terpilih nanti diharapkan dapat menekan penyebaran virus Corona.

"Maka mindset kita yang harus kita balik adalah pandangan bahwa Pilkada ini merupakan agenda politik dan agenda pemerintahan sesuai amanat undang-undang yang harus dilaksanakan tapi tidak hanya sekedar itu. Banyak faktor lain, faktor lain yang sangat penting adalah itu merubah mindset bahwa Pilkada ini adalah momentum penting bagi daerah," kata Tito saat melantik 4 Plt Gubernur untuk menggantikan gubernur petahana yang cuti kampanye Pilkada 2020 di Gedung Kemendagri yang disiarkan akun YouTube Kemendagri, Kamis (25/9/2020).

Tito mengatakan total 309 daerah yang akan mengikuti Pilkada 2020. Dia mengatakan tema utama dalam materi depat Pilkada adalah penanganan pandemi Corona.

"Pilkada ini totalnya 309. Nah kita berharap bahwa tema sentral pilkada ini dan saya sudah mengusulkan kepada KPU untuk menjadi materi debat utamanya dalah peran kepala daerah dalam penanganan pandemi COVID-19 dan dampak sosial ekonominya," kata dia.

"Dengan demikian kita harapkan rekan-rekan kepala daerah, atau calon kepala daerah ini betul-betul adu gagasan dan adu berbuat menghadapi keadaan yang riil, kita hadapi sekarang yaitu pandemi covid-19 dan dampak sosial ekonominya," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2