ADVERTISEMENT

Mendagri Minta Paslon Pilkada Adu Gagasan Atasi Dampak Pandemi Corona

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 15:56 WIB
Mendagri Tito Karnavian dalam acara peluncuran gerakan 2 juta masker di Depok (dok. Kemendagri)
Foto: Mendagri Tito Karnavian (dok. Kemendagri)

Tito juga mendorong agar hasil pemilihan Pilkada ini dapat menekan penularan Corona. Sebab ada 309 kepala daerah baru yang memiliki gagasan untuk membantu pemerintah dalam memerangi Corona.

"Berikutnya tentu dalam rangka untuk mendukung agar Pilkada ini menjadi momen menekan COVID-19 di tingkat nasional, 309 wilayah bergerak itu sangat penting artinya untuk mendukung langkah tingkat pusat yang dipimpin oleh bapak presiden. Pusat sendiri bergerak itu hanya 50% mesin, mesin lainnya 589 daerah untuk bergerak secara serempak," tutur Tito.

Namun demikian, Tito meminta agar dalam pelaksanaan Pilkada menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Serta melarang adanya kerumunan yang menyebabkan terjadinya tempat penularan Corona.

"Oleh karena itulah rapat koordinasi telah dilakukan, rapat dengan partai politik dan sekjen partai politik sudah memberikan instruksi kepada daerah masing-masing untuk patuh pada protokol COVID dan juga dengan paslon di tiap-tiap daerah oleh KPU dan Bawaslu dan forkopimda. Kerumunan sosial sedapat mungkin itu tidak terjadi," paparnya.

"Kemudian ada tiga hal yang dianjurkan yaitu pemakaian masker secara benar, mencuci tangan dengan semua bahan kimia yang menghancurkan lemak. Kemudian juga menjaga jarak," kata dia.


(lir/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT