Round-Up

Bantahan Jaksa Agung soal 'Hal Bodoh' Video Call Djoko Tjandra

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 25 Sep 2020 07:15 WIB
Komisi III DPR menggelar rapat kerja bersama Jaksa Agung ST Burhanuddin. Rapat kerja itu membahas kelanjutan kasus Jiwasraya.
Jaksa Agung ST Burhanuddin (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

Sengkarut seorang Joko Soegiarto Tjandra alias Djoko Tjandra seolah tak ada habisnya. Kini muncul kabar mengenai adanya video call antara Djoko Tjandra dengan Sanitiar Burhanuddin yang tak lain adalah Jaksa Agung.

Bermula dari rapat di Komisi III DPR saat salah seorang anggota dewan dari Fraksi Partai Golkar bernama Supriansa meminta klarifikasi dari Burhanuddin. Supriansa mempertanyakan kabar yang beredar bahwa Burhanuddin sempat melakukan video call dengan Djoko Tjandra melalui telepon seluler jaksa Pinangki Sirna Malasari.

"Malah, yang terdengar di publik, ini harus dijawab juga ini, Pak Jaksa Agung, bahwa apa benar pada saat Pinangki bertemu dengan Djoko Tjandra, sempat video call dengan Pak Jaksa Agung, atau berkomunikasi dengan Djoko Tjandra dengan Pak Jaksa Agung melalui HP-nya Pinangki?" tanya Supriansa dalam rapat Komisi III dengan Jaksa Agung, Kamis (24/9).

"Ini harus dijawab supaya tidak ada menjadi fitnah di tengah-tengah publik," imbuhnya.

Burhanuddin yang mengikuti rapat itu lantas memberikan penjelasan. Apa kata Burhanuddin?

"Kemudian apakah saya ada melakukan vidcall dengan Djoko Tjandra? Kami sama sekali tidak mengenal yang namanya Djoko Tjandra. Saya tidak pernah komunikasi dengan Djoko Tjandra, dan saya tidak pernah memerintahkan Pinangki untuk menangani Djoko Tjandra," kata Burhanuddin.

"Adalah suatu hal yang bodoh apabila kami melakukan itu. Karena perkara ini tinggal eksekusi. Tidak ada lagi upaya-upaya lain, upaya hukum lain tidak ada. Ini hanya tinggal eksekusi. Kalau ada yang menyatakan 'ini bisa PK', alangkah jaksanya yang bodoh. Ini pelaksana tinggal dilaksanakan, udah ada putusan. Nggak ada alasan lagi jaksa untuk melakukan PK," imbuhnya memberikan penegasan.

Selanjutnya
Halaman
1 2