SIDAK 24 September: 5 Berita Teraktual Hari Ini

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 22:09 WIB
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melepas jabatan juru bicara KPK.
Foto: Kabiro Humas KPK Febri Diansyah melepas jabatan juru bicara KPK. (Ibnu-detikcom)
Jakarta -

CXO Media merangkum 5 berita teraktual hari ini. Salah satunya adalah soal Febri Diansyah yang pamit undur diri dari lembaga antirusuah. Ada juga kabar YouTubers Atta Halilintar serta Aurel Hermasyah yang batal nikah.

Serta tiga berita lainnya yang telah ditampilkan dalam tayangan video berjudul SIDAK!: 24/9/2020 ATTA HALILINTAR BATAL KAWIN! HINGGA LAHIRNYA ANAK GIGI HADID ZAYN MALIK! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut rangkuman 5 berita teraktual:

1. Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah Batal Nikah!

Pasangan artis Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sebelumnya sudah gembar-gembor akan melakukan pernikahan di tahun ini. Namun rencana itu gagal terwujud.

Atta Halilintar mengaku hingga kini kedua orang tua dan adik adiknya masih terjebak lockdown karena pandemi Corona di Malaysia sampai akhir tahun ini. Oleh karena itu Atta Halilintar memutuskan pernikahan akan ditunda.

"Ya yang pasti sampai sekarang ya orang tua aku di-lockdown sampai tanggal 31 akhir tahun ya kemungkinan jadinya tahun depan. Semoga nggak ada halangan," kata Atta Halilintar di HUT ke-17 Insert di Gedung Trans TV, Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (23/9/2020) malam.

Atta Halilintar tidak bisa membayangkan menggelar pernikahan tanpa kehadiran keluarganya. Minimal, menurutnya, ada orang tua yang menyaksikan momen sakral tersebut.

"Karena kalau aku tuh nggak tahu ya kalau nikah nggak ada orang tua, nggak ada adik adikku. Kalau sendiri gimana ya orang kan kalau di hari pernikahan itu paling nggak mama papa gue ada di sampingku gitu bertemu," beber Atta.

2. Gigi Hadid Melahirkan Bayi Perempuan, Congrats!

Kabar bahagia menyelimuti Gigi Hadid dan pasangannya, Zayn Malik. Mereka menyambut anak mereka, seorang bayi perempuan.

Kabar bahagia tersebut dibagikan Zayn Malik lewat akun Twitter miliknya. Ia mengunggah tangan bayi kecilnya dalam genggaman tangannya.

"Bayi perempuan kami ada di sini, sehat & cantik," cuitnya pada Rabu, 23 September kemarin.

"Mencoba untuk mengungkapkan bagaimana perasaanku saat ini adalah hal yang sulit. Namun cinta yang kurasakan untuk makhluk kecil ini tidak terkira. Sangat bersyukur dengan kehadirannya, aku bangga menyebutnya sebagai milikku dan berterima kasih pada hidup di mana kami akan menghabiskannya bersama," tutur Zayn Malik.

3. Hari Tani Nasional

Hari Tani Nasional diperingati setiap tanggal 24 September. Hal ini berdasarkan penerbitan Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 169 Tahun 1963 yang diteken Presiden Soekarno.

Tanggal 24 September dipilih sebagai Hari Tani Nasional, karena bertepatan dengan pengesahan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria (UUPA 1960).

Dalam situs Serikat Petani Indonesia, tema Hari Tani Nasional tahun 2020 yakni 'Meneguhkan Reforma Agraria untuk Mewujudkan Kedaulatan Pangan'. Tema ini diambil mengingat upaya untuk terus meneguhkan dan menjaga agar reforma agraria sejati tercipta.

Karena itu, Hari Tani Nasional merupakan bentuk peringatan untuk mengenang perjuangan kaum petani serta membebaskannya dari penderitaan. Hari Tani juga diisi oleh aksi unjuk rasa berbagai komunitas dan gerakan masyarakat di berbagai daerah.

4. FPI Buru Penyebar Hoaks Rizieq Meninggal Tertabrak Unta

Beredar informasi menyebutkan bahwa Habib Rizieq Shihab (HRS) meninggal dunia karena tertabrak unta di Arab Saudi. Ketua Umum PA 212, Slamet Ma'arif menyebut informasi yang beredar itu tidak benar alias hoax.

Menurutnya, hanya orang bodoh dan dungu yang percaya Habib Rizieq meninggal ditabrak Unta. "Hoaks, hanya orang bodoh dan dungu yang sebar itu," kata Slamet saat dihubungi, Kamis (24/9/2020).

Dilansir dari CNNIndonesia.com, FPI menerjunkan tim khusus untuk memburu penyebar kabar hoaks yang menyebut imam besar mereka, Rizieq Shihab, meninggal dunia karena tertabrak unta di Arab Saudi.

Sekretaris Umum FPI Munarman mengatakan pihaknya tak terima dengan fitnah itu, yang dianggapnya sebagai penghinaan terhadap sang imam di media sosial.

"Tim khusus sedang mencari orang pura-pura gila itu, yang kerjanya tiap hari cuma menghina para ulama di medsos. Lihat saja, akan diuber ke manapun," kata Munarman kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/9).

Munarman menyebut pelaku penyebar hoaks sebagai orang gila. Menurutnya, sedang ada tren orang menyerang ulama dan berpura-pura gila.

5. Febri Diansyah Pamit Undur Diri

Mantan juru bicara KPK, Febri Diansyah, mengundurkan diri dari lembaga antikorupsi itu. Dari surat pengunduran diri yang diperoleh detikcom, Febri diketahui telah mengajukan pengunduran diri sejak 18 September 2020. Surat pengunduran diri Febri Diansyah itu ditujukan kepada pimpinan KPK, Sekjen KPK, dan Kepala Biro SDM KPK.

Dalam surat itu, Febri mengatakan sejak awal dia menjadi pegawai KPK adalah sebagai ikhtiar pemberantasan korupsi.

"KPK adalah contoh sekaligus harapan bagi banyak pihak. Untuk dapat bekerja dengan baik, independensi merupakan keniscayaan," tulis Febri dalam surat yang didapat detikcom pada Kamis (24/9).

Namun Febri mengatakan kondisi politik dan hukum telah berubah bagi KPK. Kondisi itu membuat dia akhirnya memutuskan mundur.

"Kondisi politik dan hukum telah berubah bagi KPK. Setelah menjalani situasi baru tersebut selama sekitar sebelas bulan, saya memutuskan jalan ini, memilih untuk mengajukan pengunduran diri dari institusi yang sangat saya cintai, KPK," ungkapnya.

(eva/dhn)