Selalu Lolos di Malaysia, Bandit Pecah Kaca Ditangkap Usai Beraksi di Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 16:15 WIB
Tiga bandit pecah kaca ditangkap di Sumsel (Raja Adil-detikcom)
Tiga bandit pecah kaca ditangkap di Sumsel (Raja Adil/detikcom)
Palembang -

Komplotan bandit pecah kaca ditangkap di Sumatera Selatan (Sumsel). Mereka ditangkap di Sumsel setelah berulang kali lolos setelah beraksi di Malaysia.

"Mereka ini spesialis bandit pecah kaca di Malaysia. Jadi pengakuannya, sudah puluhan kali beraksi di Malaysia, tetapi baru sekali beraksi di sini, langsung tertangkap," ucap Kapolres Musi Banyuasin AKBP Erlintang Jaya, Kamis (24/9/2020).

Erlintang mengatakan ada tiga orang yang ditangkap, yakni Herman Jegal (40), Indra (41), dan Soni (43). Mereka ditangkap setelah menggasak Rp 300 juta di halaman kantor salah satu bank.

Selama beraksi di Malaysia, kata Erlintang, ketiga orang itu diduga telah menggasak uang ringgit yang setara dengan Rp 150 juta hingga Rp 350 juta di mobil korban. Ketiga orang ini disebut masuk ke Malaysia dengan alasan liburan.

"Di Malaysia dia bilang dapat ratusan juta, antara Rp 150-350 juta kalau dirupiahkan. Alasan ke sana melancong, liburan, tetapi sejak pandemi tidak bisa berangkat," kata Erlintang.

Ketiga orang ini kemudian ditangkap setelah ada nasabah salah satu bank yang menjadi korban bandit pecah kaca pada 14 Agustus 2020. Uang Rp 300 juta di dalam plastik yang diletakkan di dalam mobil lenyap.

"Korban ini nasabah bank, jadi baru ambil uang. Kaca mobil dipecahkan oleh kedua pelaku yang saat itu tidak diketahui siapa," kata Erlin.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan setelah menerima laporan. Ketiganya ditangkap pada 19 September 2020.

"Di jalan lintas Musi Rawas-Lubuklinggau kita amankan tersangka inisial IN. Setelah dikembangkan, ditangkap dua pelaku, yaitu SO dan HJ. Mereka ditindak tegas karena melawan waktu ditangkap," ujarnya.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa mobil, 4 unit motor, hingga barang-barang hasil kejahatan. Ketiganya kini diamankan di Polres Musi Banyuasin dan terancam 12 tahun penjara.

Simak juga video 'Pencuri Modus Pecah Kaca Mobil Didor Usai Gasak Rp 200 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(ras/haf)