Pecah Rekor! Kasus Positif COVID-19 di Sumbar Tambah 300, Ada Kadis-Dirut RS

Jeka Kampai - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 12:52 WIB
Poster
Foto: Ilustrasi virus COVID-19. (Edi Wahyono-detikcom)
Padang -

Jumlah warga terkonfirmasi positif COVID-19 di Sumatera Barat (Sumbar) semakin meningkat tajam. Hari ini tercatat lebih dari 300 orang yang terpapar. Secara total, warga Sumbar yang positif COVID-19 sudah melebihi angka 5.100.

Dari angka sebanyak itu, ada dua nama pejabat yang mencolok, yakni Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Arry Yuswandi dan Direktur Utama RS Ahmad Mochtar Bukittingi Khairul Said.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal mengakui adanya dua nama pejabat tersebut dalam daftar warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 hari ini.

"Memang benar ada nama dua pejabat tersebut. Kepala Dinas Kesehatan dan Dirut (RS) Ahmad Muchktar," kata Jasman saat dikonfirmasi Detikcom, Kamis (23/9/2020).

Menurutnya, kedua pejabat tersebut saat ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Tim gugus tugas sedang melakukan tracing terhadap orang-orang yang pernah kontak erat dengan mereka.

Belum ada kepastian dari mana mereka tertular. Kepala Dinas Kesehatan melakukan sejumlah perjalanan, terakhir bersama Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit ke Pasaman.

Wagub telah menjalani tes swab dan hasilnya negatif. Sementara Dirut RSAM kemungkinan terkena di rumah sakit karena sehari-hari di rumah sakit.

Jasman mengaku masih menghitung jumlah total warga yang terkonfirmasi positif. "Tapi gambaran awal, lebih dari 300 orang hari ini," katanya.

Jumlah 300 orang merupakan rekor baru jumlah positif sejak virus itu mewabah. Jumlah itu sekaligus juga melengkapi total warga Sumbar yang positif COVID-19 berada lebih di angka 5.100 orang.

(idh/idh)