Mes Pekerja Hiburan Malam Klaster Corona DKI Ada di Jakbar

Danu Damarjati - detikNews
Kamis, 24 Sep 2020 09:38 WIB
Tim pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dr Dewi Nur Aisyah.
Anggota Tim Pakar Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah (Dok. BNPB)
Jakarta -

Satuan Tugas Penanganan COVID-19 mengungkap adanya klaster hiburan malam di wilayah DKI Jakarta. Sejumlah orang di mes hiburan malam tersebut terbukti positif COVID-19, lokasinya di Jakarta Barat (Jakbar).

"Dilakukan Active Case Finding di daerah Jakarta Barat," kata anggota Tim Pakar Satgas COVID-19, Dewi Nur Aisyah, kepada detikcom, Kamis (24/9/2020).

Belum jelas betul, di mana persisnya lokasi hiburan malam yang memuat orang-orang COVID-19 ini. Namun sejauh ini dipastikan ada lima orang dalam mes tempat hiburan malam yang terbukti positif COVID-19.

"Tim dari Dinas Kesehatan DKI melakukan active case finding pada bulan Juli 2020 di salah satu mes tempat hiburan. Di sana dilakukan swab 50 orang, lalu terdapat 5 orang positif," kata Dewi.

Meski begitu, tempat hiburan malam itu tidak beroperasi saat penemuan kasus aktif COVID-19 dilakukan oleh tim DKI. Saat itu, pemeriksaan dilakukan di mes yang dihuni orang dari hiburan malam itu.

"Mungkin memang penularannya hanya terjadi di mes tersebut dan sudah berhasil dilakukan pengendalian agar tidak menyebar," kata Dewi.

Selanjutnya
Halaman
1 2