Top 5 News

Curhat Gatot Dicopot dari Panglima TNI & Nathalie Holscher Jadi Mualaf

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 20:33 WIB
Top 5 News 23 September
Foto: detikcom
Jakarta -

Jenderal (Purnawirawan) Gatot Nurmantyo baru-baru ini menceritakan kembali latar belakang pencopotannya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari jabatan Panglima TNI. Salah satu yang ia singgung karena menyelenggarakan nonton bareng film G30S/PKI pada beberapa waktu silam.

Sementara itu, dari dunia entertainment model seksi Nathalie Holscher yang juga berprofesi sebagai DJ memutuskan menjadi seorang mualaf. Ia ditemani komedian Sule memutuskan untuk memeluk agama Islam. Momen tersebut diunggah Nathalie Holscher di Instagram miliknya.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita lainnya yang banyak dibaca. Apa saja? Berikut ini Top 5 News edisi Rabu (23/9/2020).

1. Curhatan Gatot Dicopot karena Nobar G30S/PKI

Eks Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo berbicara soal perintah menonton film G30S/PKI beberapa waktu silam. Perintah ini dikaitkan Gatot dengan cerita pergantiannya dari jabatan Panglima TNI.

Dalam channel YouTube Hersubeno Point seperti dikutip Rabu (23/9/2020), Gatot Nurmantyo mulanya menyinggung berita pada 2017 soal generasi muda tidak percaya adanya PKI. Gatot lantas mengaku memberi kuliah umum di 59 universitas.

Setelahnya Gatot bicara soal arahannya untuk menonton film G30S/PKI untuk memberi peringatan ketika dia menjabat Panglima TNI. Gatot lalu mengaitkan arahan ini dengan pergantian Panglima TNI.

"Pada saat saya menjadi panglima TNI saya melihat itu semuanya, maka saya perintahkan jajaran saya untuk menonton film G30S/PKI. Pada saat itu, saya punya sahabat dari salah satu partai, saya sebut saja partai PDI, menyampaikan, 'Pak Gatot, hentikan itu, kalau tidak pasti Pak Gatot akan diganti'," kata Gatot.

Artikel Selengkapnya: Gatot Kaitkan Pergantian Panglima TNI dan Perintah Nonton G30S/PKI

2. Model Seksi Nathalie Holscher Jadi Mualaf

Model seksi Nathalie Holscher memutuskan menjadi mualaf. Sule menemani penyanyi sekaligus model tersebut dalam mengucapkan dua kalimat syahadat.

Nathalie mengungkapkan dirinya sebenarnya sudah memiliki keinginan tersebut sejak lama. Niat masuk Islam muncul setelah dirinya mendapat sebuah bisikan dalam bunga tidurnya beberapa waktu lalu.

"Pindah agama karena memang dulu pernah mimpi. Jadi dapat bisikan suara bergema laki-laki di kupingku, dia mengucapkan dua kalimat syahadat," ungkap Nathalie Holscher saat dihubungi detikcom.

Artikel Selengkapnya: Ditemani Sule, Nathalie Holscher Jadi Mualaf

3. Jaksa Pinangki Berhijab dan Gamis di Sidang Dakwaan

Jaksa Pinangki Sirna Malasari jalani sidang dakwaan atas kasus suap Djoko Tjandra. Pinangki jalani sidang perdana ini dengan memakai baju gamis dan berkerudung pink dibalut dengan rompi pink.

Dalam kasus ini, Pinangki didakwa menerima suap USD 500 ribu dari USD 1 juta yang dijanjikan oleh Djoko Tjandra. Pinangki juga melakukan TPPU dengan membeli kebutuhan pribadinya seperti membeli mobil BMW, perawatan kecantikan, dan perawatan home care.

Pinangki didakwa melanggar Pasal 5 ayat 2 jo Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) subsider Pasal 11 UU Tipikor.

Pinangki juga didakwa pasal pencucian uang, yaitu Pasal 3 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang TPPU. Pinangki juga didakwa terkait permufakatan jahat Pasal 15 jo Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Tipikor subsider Pasal 15 jo Pasal 13 UU Tipikor.

Artikel Selengkapnya: Gaya Jaksa Pinangki di Sidang Dakwaan

4. Dugaan Penyebab Banjir Bandang Sukabumi

Banjir bandang menerjang wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi kemarin. Ratusan rumah terendam dan beberapa di antaranya mengalami kerusakan. Tiga orang hanyut dan dua di antaranya ditemukan dengan kondisi tidak bernyawa.

Ratusan personel TNI - Polri, tim SAR gabungan, BPBD dan relawan bergerak cepat ke lokasi kejadian. Posko evakuasi, layanan medis hingga dapur umum didirikan di sekitar lokasi sejak malam pertama peristiwa itu terjadi. Menurut aparat setempat diketahui ini penyebabnya.

"Dari hari pertama kejadian Senin malam, kita langsung mencari trouble spot-nya atau titik masalah kenapa terjadi luapan air dari sungai Cicatih. Ternyata setelah di selidiki, ada satu jembatan di aliran Sungai Cicatih yang tersumbat," kata Komandan Penanggulangan Darurat Bencana sekaligus Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo.

Artikel Selengkapnya: Penyebab Banjir Bandang Sukabumi yang Hanyutkan 3 Orang

5. Akhir September RI Dipastikan Resesi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kemarin merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020. Menurutnya, pada kuartal III-2020, perekonomian Indonesia kemungkinan akan minus 2,9% hingga minus 1,1%.

Bahkan, kata dia, pertumbuhan minus ini diramal berlanjut ke kuartal IV-2020 nanti. Dengan kondisi ini, tidak menutup kemungkinan, Indonesia bakal masuk jurang resesi di akhir September 2020.

Selanjutnya, Sri Mulyani juga berbicara soal soal kondisi ekonomi RI selama ini sebelum dan sesudah diserang COVID-19 hingga proyeksinya sampai akhir tahun nanti.

Artikel Selengkapnya: Omongan Lengkap Sri Mulyani Soal RI Resesi

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)