Pertamina Hibahkan Rp 1 M untuk Fasilitas Pelatihan UMKM

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 14:08 WIB
PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian Barat mengucurkan bantuan lebih dari Rp 1 miliar untuk mendukung pembangunan atau renovasi fasilitas pendidikan serta pelatihan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), Rabu (23/9/2020).
Foto: dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) III Jawa bagian barat mengucurkan bantuan lebih dari Rp 1 miliar untuk mendukung pembangunan atau renovasi fasilitas pendidikan serta pelatihan bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Hal tersebut guna mendukung pengembangan sumber daya manusia yang harus tetap dilakukan dalam masa pandemi untuk mencapai pembangunan berkelanjutan.

Sebagian bantuan dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur seperti renovasi kelas sekolah dan madrasah, renovasi rumah tidak layak huni, serta pembangunan sarana kebersihan. Selain itu, ada juga pelatihan softskill untuk meningkatkan kualitas SDM dari pengusaha UMKM. Pertamina juga membantu penyediaan sarana mobil tangki air untuk mendistribusikan kebutuhan air bersih bagi masyarakat di wilayah Kota Cirebon.

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan berharap bantuan Pertamina tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dan membantu masyarakat, terutama di wilayah Jawa Barat. "Pertamina senantiasa berkomitmen untuk hadir melayani masyarakat, baik dalam pelayanan energi maupun sosial," ujar Eko, dalam keterangan tertulis, Rabu (23/9/2020).

Eko mengatakan kontribusi Pertamina bagi masyarakat dalam kondisi pandemi COVID-19 telah diwujudkan melalui berbagai program. Di antaranya program kemitraan, dengan menggandeng usaha mikro menengah binaan Pertamina, sebagai upaya memberdayakan UMKM supaya bisa mandiri. Selain itu, ada juga program bina lingkungan di bidang kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Kepala SMK PGRI 1 Haurgeulis Indramayu Ahmadi yang merupakan salah satu penerima manfaat menyampaikan terima kasih kepada Pertamina. "Kami menyampaikan rasa terima kasih kepada Pertamina, yang telah mendukung pembangunan ruang kelas di sekolah kami. Hal ini tentu akan sangat memotivasi para siswa untuk lebih semangat belajar karena ruang kelasnya nyaman dan memadai," pungkas Ahmadi.

Sebagai informasi, bantuan diserahkan secara simbolis oleh Senior Supervisor CSR SMEPP MOR III Wien Rachusodo kepada 7 Ketua Yayasan, di Indramayu, Selasa (22/9). Selain SMK PGRI 1 Haurgeulis, bantuan juga diberikan kepada Yayasan Al-Math'laul Anwar, Yayasan Pondok Pesantren Manbaul Falah, Yayasan Hero Center Cirebon, Yayasan Uswatun Hasanah, serta Naraya Enterprise Research & Management Consulting di Bandung dalam kegiatan pelatihan bagi sektor UMKM.

(prf/ega)