Jokowi Minta PBB Berbenah, Lebih Responsif Selesaikan Tantangan Global

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 23 Sep 2020 08:13 WIB
Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB
Presiden Jokowi saat berpidato di Sidang Umum PBB. (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan beberapa pemikirannya untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Salah satunya Jokowi meminta PBB terus berbenah diri melakukan reformasi perubahan.

"Yang mulia melihat situasi dunia saat ini, izinkan saya menyampaikan beberapa pemikiran, yang pertama PBB harus senantiasa berbenah diri melakukan reformasi revitalisasi dan efisiensi," kata Jokowi dalam pidatonya di Sidang Umum PBB yang ditayangkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020).

PBB, menurut Jokowi, harus memastikan hubungan internasional dapat tercapai di tengah krisis saat ini. Jokowi menilai PBB harus lebih responsif menyelesaikan tantangan global.

"PBB harus dapat membuktikan bahwa multilateralism delivers, termasuk pada saat terjadinya krisis. PBB harus lebih responsif dan efektif dalam menyelesaikan berbagai tantangan global dan kita semua memiliki tanggung jawab untuk terus memperkuat PBB agar PBB tetap relevan dan semakin kontribusi sejalan dengan tantangan zaman," ujarnya.

"PBB Bukanlah sekadar sebuah gedung di kota New York tapi sebuah cita-cita dan komitmen bersama seluruh bangsa untuk mencapai perdamaian dunia dan kesejahteraan bagi generasi penerus. Indonesia memiliki keyakinan yang tidak tergoyahkan terhadap PBB dan multilateralisme, multilateralisme adalah satu-satunya jalan yang dapat memberikan kesetaraan," lanjut Jokowi.

Tonton video 'Berbahasa Indonesia, Jokowi Pidato Perdana di Sidang Umum PBB':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2