SIDAK 22 September: 4 Berita Teraktual Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 21:45 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan (Foto: iStock/Willowpix)
Jakarta -

Sejumlah berita populer menjadi perbincangan hangat hari ini. BMKG yang meminta masyarakat waspada cuaca ekstrem selama sepekan ke depan hingga Mendagri Tito Karnavian yang memperbolehkan konser musik untuk kampanye Pilkada 2020 digelar virtual menjadi berita populer hari ini.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 22/9/2020 GOOGLE X BENYAMIN SUEB HINGGA KABAR RI FIX AKAN MENGALAMI RESESI! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 4 berita populer hari ini:

1. Benyamin Sueb, Seniman Legendaris Betawi Tampil di Google Doodle

Google Doodle hari ini menampilkan seniman Betawi, Benyamin Sueb. Kalau kamu mengklik laman pencari Google, maka muncul ilustrasi doodle penuh warna warni dari sosok Benyamin Sueb.

Dalam laman pencarian Google, Benyamin Sueb yang berkumis tampak mengenakan kaos putih, kopiah hitam, dan sarung yang bertengger di huruf G. Senyum khas Benyamin Sueb yang jenaka menjadi ciri khasnya.

Gambar doodle berikutnya adalah huruf O yang ditampilkan dengan ilustrasi roll film jadul dan kompor minyak tanah. Salah satu lagu terhits, Kompor Meleduk, menjadi makna dari simbol huruf O dari kata Google.

Huruf G digambarkan sebagai alat musik khas Betawi Tanjidor. Huruf L ada simbol ikon budaya Betawi yakni Ondel-ondel, disertai huruf e kecil berwarna merah.

Google Doodle hari ini secara khusus merayakan ulang tahun Benyamin Sueb yang ke-81 tahun. Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan peresmpian Taman Benyamin Sueb dua tahun yang lalu.

2. BTS Akan Kembali Pidato di Sidang Majelis Umum PBB

BTS akan kembali menyampaikan pesan-pesan untuk generasi muda di sidang umum PBB. Mereka diundang untuk berpidato di Sidang Umum ke-75 PBB yang rencananya digelar pada 23 September 2020.

Kabar tersebut disampaikan langsung oleh perwakilan UNICEF Korea Selatan melalui sebuah rilis. BTS akan menyampaikan pesan-pesan penuh harapan yang disiarkan secara langsung ke seluruh dunia.

"Pesan penuh harapan BTS akan disiarkan secara global di sidang tingkat tinggi Kelompok Persahabatan Solidaritas PBB untuk Keamanan Kesehatan Global. Acara ini akan digelar 23 September 2020 pukul 20.00 WIB," ujar pihak UNICEF.

BTS diundang untuk berbicara sebagai bagian dari Kelompok Persahabatan Solidaritas PBB untuk Keamanan Kesehatan Global, yang akan membahas soal kesulitan yang akan dialami generasi masa depan karena COVID-19.

Ini akan menjadi kali kedua BTS berpidato di Sidang Umum PBB setelah sebelumnya, mereka mencuri perhatian usai berpidato di ajang yang sama pada 2018. Kala itu, BTS juga mengungkap kerjasamanya dengan UNICEF lewat kampanye Love Myself yang ditujukan untuk mengakhiri kekerasan pada anak-anak muda.


3. BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini wilayah Indonesia memasuki masa pancaroba. BMKG memperingatkan potensi hujan dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah dalam satu pekan ke depan.

"Menyusul rilis BMKG untuk peringatan kewaspadaan selama pancaroba menjelang masuknya musim hujan 2020/2021 yang telah kami sampaikan pada tanggal 7 September 2020 yang lalu, perlu disampaikan kembali bahwa kewaspadaan terhadap hujan dengan intensitas tinggi tetap perlu terus ditingkatkan," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam keterangan yang diterima detikcom, Selasa (22/9/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini wilayah Indonesia memasuki masa pancaroba. BMKG memperingatkan potensi hujan dengan intensitas tinggi di berbagai wilayah dalam satu pekan ke depan.

Guswanto mengatakan, pada Senin (21/9) kemarin, terjadi banjir bandang di wilayah Bogor dan Sukabumi. Banjir bandang ini lantaran hujan lebat mengguyur wilayah tersebut.

"Curah hujan intensitas tinggi hingga 110 mm dalam periode 4 jam (15.00-19.00 WIB) teramati di Citeko," katanya.

"Hujan lebat ini dipicu oleh kondisi atmosfer yang labil dan diperkuat dengan adanya fenomena gelombang Rossby ekuatorial serta adanya daerah pertemuan angin (konvergensi). Kombinasi dari ketiga fenomena atmosfer ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar Jawa Barat," sambungnya.

Lebih lanjut, potensi hujan lebat di wilayah Bogor itu secara tidak langsung akan meningkatkan potensi luapan air di aliran Sungai Ciliwung. BMKG mengimbau masyarakat agar waspada.

"Potensi hujan lebat yang terjadi pada siang/sore di wilayah Bogor tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan potensi luapan air di sekitar daerah aliran Sungai Ciliwung, sehingga masyarakat diimbau untuk mewaspadai potensi genangan," tuturnya.

4. Tito Bolehkan Konser Saat Kampanye, Asal Virtual

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan penyelenggaraan konser musik dalam tahapan kampanye Pilkada 2020 masih diperbolehkan. Namun, kata dia, asal digelar secara virtual oleh para kandidat calon kepala daerah.

Tito menegaskan segala jenis pelaksanaan konser musik yang dilakukan secara fisik dipastikan akan dilarang oleh pemerintah dan penyelenggara pemilu saat masa kampanye nanti.

"Lalu Sabtu esok masuk masa kampanye, konser dan lain-lain saya minta enggak ada. Boleh konser, boleh musik. Tapi virtual, fisik tidak," kata Tito dalam Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pilkada dalam Kondisi Bencana Covid yang disiarkan lewat kanal Youtube Kemendagri RI, Selasa (22/9).

Lebih lanjut, Tito menyatakan aturan tersebut akan tertuang dalam revisi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 10 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di tengah pandemi virus Corona.

[Gambas:Youtube]

(azr/imk)