Puslabfor Olah TKP Selidiki Penyebab Kebakaran di Kali Baru Jakut

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 21:21 WIB
Puslabfor Mabes Polri Lakukan Olah TKP di Lokasi Kebakaran Kali Baru Jakarta Utara
Puslabfor Mabes Polri melakukan olah TKP di lokasi kebakaran Kali Baru, Jakarta Utara. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pusat Laboratorium dan Forensik Mabes Polri melakukan olah TKP terkait kebakaran di wilayah Kali Baru, Jakarta Utara. Olah TKP tersebut dilakukan untuk menyelidiki penyebab kebakaran yang menghanguskan ratusan rumah di Kali Baru.

"Telah dilaksanakan olah TKP kebakaran di Kelurahan Kali Baru dari tim Puslabfor Mabes Polri," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta dalam keterangannya, Selasa (22/9/2020).

Ahrie mengatakan olah TKP itu dilakukan sore tadi pukul 15.00 WIB di TKP kebakaran. Dalam olah TKP tersebut, tim Puslabfor mengambil sejumlah sampel sebagai bahan penelitian.

"Telah diambil barang bukti dari TKP antara lain kabel dan sampel arang sisa kebakaran," ucap Ahrie.

Ahrie menyebut pihaknya juga sempat menelusuri asal listrik di TKP. Namun menurutnya, hasil olah TKP tersebut baru akan keluar dalam waktu 2 minggu.

"Penelusuran asal listrik TKP titik api yaitu dari kabel listrik. Hasil labfor akan keluar kurang-lebih 2 minggu setelah olah TKP," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kebakaran gudang kayu terjadi di Jalan Kalibaru Barat 1, Cilincing, Jakarta Utara. Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) diterjunkan ke lokasi.

"Iya betul, 15 unit damkar dikerahkan. Informasi gudang kayu," kata petugas call center pemadam kebakaran Jakarta Utara, Udin, saat dihubungi, Minggu (20/9).

Udin mengatakan petugas menerima informasi kebakaran pada pukul 01.47 WIB. Kebakaran kemudian bisa dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB.

Pihak kepolisian memastikan tidak ada korban akibat kebakaran tersebut. Walaupun begitu, ratusan rumah dan sejumlah unit kendaraan hangus terbakar akibat kejadian tersebut.

"Api telah berhasil dipadamkan oleh 15 mobil besar dan 5 mobil kecil tim pemadam kebakaran Jakarta Utara/DKI Jakarta pada sekitar pukul 05.00 WIB. Korban jiwa/luka nihil. Jumlah penduduk 400-450 orang. Kerugian materi rumah dan gedung kurang-lebih 100 unit. Kendaraan dua unit truk," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9/2020).

(maa/mea)