Puslabfor Olah TKP Kebakaran Gudang Kayu yang Hanguskan 100 Rumah di Jakut

Herianto Batubara - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 21:00 WIB
Tim Puslabfor Polri mengolah TKP kebakaran gudang kayu di Cilincing, Jakut
Tim Puslabfor Polri melakukan olah TKP kebakaran gudang kayu di Cilincing, Jakut. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) kebakaran gudang kayu di Jalan Kalibaru Barat 1, Cilincing, Jakarta Utara (Jakut). Seperti diketahui, kebakaran itu menghanguskan ratusan rumah warga.

"Tim dari Puslabfor Mabes Polri telah mendatangi lokasi tadi sore, kemudian dilakukan olah TKP untuk memastikan penyebab kebakaran," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok AKBP Ahrie Sonta kepada wartawan, Selasa (22/9/2020).

Ahrie menyampaikan anggota Puslabfor mengambil beberapa benda di lokasi seperti kabel dan sisa arang kebakaran. Ahrie menuturkan hasil sementara olah TKP, titik api dari kabel listrik.

"Telah diambil barang bukti dari TKP antara lain kabel dan sampel arang sisa kebakaran. Penelusuran asal listrik TKP titik api adalah dari kabel listrik. Namun untuk (penyebab) pastinya tentu kita harus menunggu hasil labfor. Mudah-mudahan dua pekan dari sekarang akan keluar hasilnya," tutur Ahrie.

"Untuk police line sudah dapat dibuka," imbuh dia.

Kebakaran gudang kayu ini terjadi pada Minggu (20/9) pagi hari. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

"Api telah berhasil dipadamkan oleh 15 mobil besar dan 5 mobil kecil tim pemadam kebakaran Jakarta Utara/DKI Jakarta pada sekitar pukul 05.00 WIB. Korban jiwa/luka nihil. Jumlah penduduk 400-450 orang. Kerugian materi rumah dan gedung kurang-lebih 100 unit. Kendaraan dua unit truk," kata Ahrie dalam keterangan tertulis, Minggu (20/9).

Polisi menyebut api diduga berasal dari sisi laut yang dekat dengan permukiman nelayan. Api kemudian menjalar ke darat merembet ke gudang kayu.

"Berdasarkan keterangan saksi, asal api diperkirakan dari sisi laut dekat pembuangan sampah atau permukiman nelayan yang terbuat dari bangunan semipermanen dan merembet ke darat ke arah gudang kayu," kata Ahrie.

Petugas call center pemadam kebakaran Jakarta Utara, Udin, mengatakan pihaknya menerima informasi kebakaran pukul 01.47 WIB. Kebakaran kemudian berhasil dipadamkan sekitar pukul 05.00 WIB.

Tim Puslabfor Polri mengolah TKP kebakaran gudang kayu di Cilincing, JakutTim Puslabfor Polri melakukan olah TKP kebakaran gudang kayu di Cilincing, Jakut. (dok. istimewa)
(aud/hri)