Komitmen IKEA Bantu Masyarakat Indonesia di Tengah Pandemi

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 19:14 WIB
Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Ingemar Patrik Lindvall
Foto: istimewa
Jakarta -

IKEA baru saja meluncurkan katalog digital pertamanya untuk tahun 2021. Sebagai salah satu brand furnitur yang terjun ke pasar Indonesia, IKEA juga menyatakan kesiapan untuk membantu masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Presiden Direktur PT Hero Supermarket Tbk Ingemar Patrik Lindvall mengatakan saat ini IKEA memiliki tiga prioritas utama untuk masyarakat. Tiga prioritas itu adalah bisa lebih terjangkau, bisa dengan mudah diakses, dan memberikan dampak positif.

"Dampak positif adalah kombinasi dari berbagai hal yang sudah kami lakukan, seperti menjangkau komunitas. Sejak COVID-19 melanda Indonesia pada bulan Maret, kami sangat aktif bekerja sama dengan pemerintah daerah, rumah sakit, dan komunitas pada umumnya," ungkap Patrik, dalam acara konferensi pers IKEA melalui Zoom, Selasa (22/9/2020).

Patrik mengatakan pihaknya juga sudah memberikan sejumlah paket sembako serta kebutuhan dasar untuk membantu masyarakat yang terdampak. Ada pula bantuan berupa matras dan masker ke wilayah Jawa Barat.

"Itu hanyalah beberapa contoh, dan satu hal yang ingin juga kami beritahu di sini adalah kami sangat beruntung bisa mempertahankan lapangan pekerjaan bagi seluruh anggota tim kami. Hal itu saya rasa menjadi kontribusi IKEA untuk memberikan dampak positif di Indonesia," ujar Patrik.

Patrik menyatakan IKEA juga mempunyai komitmen untuk membantu ekonomi lokal, produksi lokal, dan produk lokal. Menurutnya Indonesia mempunyai keunikan dalam hal memproduksi barang seperti kerajinan tangan, kekayaan alam, serta keinginan untuk terus berkarya.

"Jadi hasil dari itu semua, kami mempunyai lebih dari 100 produk dan semuanya dibuat di Indonesia. Saya sangat senang juga mengatakan bahwa produk-produk tersebut telah diekspor ke luar negeri melalui toko-toko IKEA di seluruh dunia," ungkap Patrik.

Patrik pun berambisi untuk terus membuat produk-produk baru hasil lokal Indonesia dengan brand IKEA setiap tahunnya. "Kami juga bekerja sama lebih dekat UMKM dan rekan bisnis lokal di mana kami memberikan ruang di toko kami. Serta kami juga membagikan pengalaman retail kami dalam hal penjualan dan aspek komersial. Jadi komitmen kami ada, adil, dan berjangka panjang untuk membantu ekonomi lokal," pungkas Patrik.

(ega/ega)