Pandemi COVID-19, Menkop UKM Ingin Banyak Local Heroes Bantu UMKM

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 11:25 WIB
Menkop UKM Teten Masduki
Foto: Dok Kemenkop UKM
Jakarta -

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi para inovator muda yang telah membantu para pelaku UMKM selama pandemi. Teten berharap di situasi seperti sekarang memunculkan banyak local heroes (pahlawan lokal) yang mau membantu UMKM naik kelas.

"Di masa pandemi COVID-19 ini banyak inovasi platform digital baru yang diinisiasi oleh anak-anak muda yang luar biasa. Ini sangat membantu pelaku UMKM, terutama yang kecil-kecil. Dengan platform digital dan inovasi ekosistem digital akan membantu UMKM tersebut untuk konsolidasi dan disagregasi agar lebih mudah terhubung ke marketplace," kata Teten dikutip dari situs resmi Grab Indonesia, Selasa (22/9/2020).

Teten mengaku optimis gerakan Pahlawan Digital yang digagas bersama Putri Tanjung akan banyak memotivasi anak-anak muda untuk berkreasi di tengah situasi yang sulit seperti sekarang. Terlebih kini sudah terpilih 30 inovator digital yang akan mengikut pelatihan atau bootcamp Pahlawan Digital UMKM.

"Anak-anak muda ini cerdas-cerdas dan memiliki keberpihakan yang besar pada UMKM. Dan para UMKM juga butuh mereka. Kita perlu bekerja sama untuk mempercepat digitalisasi UMKM kita," tegasnya.

Sementara itu, Perusahaan Digital Grab Indonesia yang didapuk menjadi salah satu pengisi materi dalam Bootcamp Pahlawan Digital UMKM mendukung jalannya program Pahlawan Digital UMKM 2020, untuk membantu UMKM bangkit di tengah pandemi.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan sejalan dengan misi GrabForGood untuk memastikan setiap orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital, pihaknya mendukung agar Pahlawan Digital UMKM menciptakan lebih banyak local heroes.

Neneng menilai para inovator dalam program ini merupakan harapan dan sumber inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mereka memotori lebih banyak UMKM di Indonesia agar terus bertahan dan berkembang.

"Bersama Pahlawan Digital UMKM, Grab juga akan mendukung para inovator UMKM melalui pelatihan di sesi bootcamp, agar mereka dapat terus usaha dan membawa dampak positif dan solusi melalui teknologi untuk kemajuan perekonomian Indonesia," jelasnya.

Diketahui, rencananya bootcamp akan berlangsung selama tiga pekan, mulai 23 September-9 Oktober 2020. Nantinya ke-30 inovator tersebut akan dilatih oleh para mentor dan pengajar berpengalaman dari raksasa digital seperti Facebook, Shopee, Digitaraya, Grab Indonesia, dan Studio Yord serta tokoh inovator digital kenamaan seperti Fajrin Rasyid Direktur Digital Business PT Telkom.

Tema pelatihan seputar product sprint, branding, design, digital marketing, pengelolaan sumber daya manusia (SDM), pengembangan bisnis, hingga bagaimana cara agar inovasi bisa memikat investor atau modal ventura. Dari 30 peserta bootcamp ini akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan hadiah dan penghargaan. Selain itu, mereka juga akan menjadi mitra strategis Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan digitalisasi UMKM

(prf/ega)