Menlu Rapat Bareng Komisi I DPR, Bahas Diplomasi Vaksin Corona-Pemilu AS

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 11:22 WIB
Menlu Retno rapat bersama Komisi I DPR (Foto: Rahel/detikcom)
Menlu Retno rapat bersama Komisi I DPR. (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Komisi I DPR RI menggelar rapat dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi. Rapat tersebut membahas sejumlah hal, salah satunya mengenai diplomasi vaksin virus Corona (COVID-19).

Pantauan detikcom, rapat digelar ruang rapat Komisi I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (22/9/2020), pukul 10.15 WIB. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto. Rapat digelar secara terbuka dan tertutup.

Tampak Retno hadir di lokasi rapat dengan didampingi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar serta sejumlah jajaran pejabat di Kemlu. Rapat juga dilakukan secara fisik dan virtual dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

"Dan sesuai dengan agenda pertemuan, kami akan menyampaikan paparan mengenai beberapa hal. Pertama mengenai isu perlindungan WNI di masa pandemi, kemudian kedua perdagangan Indonesia di masa pandemi. Ketiga diplomasi vaksin. Keempat pemilu di AS," kata Retno dalam rapat.

Rapat ini juga membahas anggaran Kemlu. Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto mengatakan Kemlu tidak mendapat tambahan anggaran di Tahun Anggaran 2021. Total pagu anggaran yang disetujui Komisi I DPR RI sekitar Rp 8 triliun.

"Ini pembahasan RKA KL kita supaya kita satu pemahaman. Pagu indikatif 23 Juni, pagu anggaran 9 September alokasi 22 September dan sudah dapat surat dari banggar tanggal 17 September lalu. Pagu indikatif kita Rp 8.157.221.547.000. Kemudian anggaran menjadi Rp 8,205 triliun. Pagu yang diusulkan Rp 11,335 triliun. Ada kekurangan pagu Rp 3 triliun," ujar Utut

"Mohon izin ibu, menurut Banggar tidak ada tambahan jadi berhenti di Rp 8 triliun definitif ya," sambung Utut.

(hel/mae)