Firli Resmi Lantik Dirdik KPK Brigjen Setyo hingga 5 Korwil dari Polri

Farih Maulana Sidik - detikNews
Selasa, 22 Sep 2020 11:08 WIB
Penampakan Gedung Baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Gedung KPK (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah pejabat struktural di tubuh KPK dilantik hari ini. Salah satu pejabat yang dilantik ialah Brigjen Setyo Budiyanto sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Ketua KPK Firli Bahuri memimpin langsung acara pelantikan pejabat struktural baru di lembaga anti korupsi itu. Firli membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh para pejabat yang dilantik.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Firli yang diikuti para pejabat yang dilantik di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau sesuatu pemberian berupa apa saja, dari siapa pun juga yang saya tahu atau patut dapat mengira bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya. Bahwa dalam menjalankan jabatan atau pekerjaan saya, saya senantiasa akan lebih mementingkan kepentingan negara, daripada kepentingan saya sendiri, seseorang, atau golongan. Bahwa saya senantiasa akan menjunjung tinggi kehormatan negara. Bahwa saya akan bekerja dengan jujur, tertib, cermat, dan semangat, untuk kepentingan negara," sambungnya.

Brigjen Setyo menggantikan Brigjen Panca Putra Simanjuntak. Pejabat struktural yang terpilih ini sebelumnya telah melalui proses tahapan seleksi sejak Juni 2020.

Berikut ini nama-nama pejabat struktural KPK yang dilantik:

1. Direktur Pengaduan Masyarakat (Dumas): Tomi Murtomo (internal KPK)

2. Direktur Pengolahan Informasi dan Data (Pinda): Riki Arif Gunawan (Kemenkominfo)

3. Direktur Penyidikan: Setyo Budiyanto (Polri)

4. Koordinator Wilayah:
a. Asep Rahmat Suwanda (internal KPK)
b. Aminuddin (internal KPK)
c. Budi Waluyo (internal KPK)
d. Aida Ratna Zulaiha (internal KPK)
e. Didik Agung Widjanarko (Polri)
f. Agung Yudho Wibowo (Polri)
g. Bahtiar Ujang Purnama (Polri)
h. Kumbul Kuswijanto Sudjadi (Polri)
i. Yudhiawan (Polri)

(fas/knv)