SIDAK 21 September: 6 Berita Teraktual Hari Ini

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 22:09 WIB
Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Dentuman Misterius di Jabar-Sumsel (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi dentuman (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah berita populer menjadi perbincangan hangat hari ini. Mulai dari dentuman keras yang terdengar di sejumlah wilayah Jakarta hingga Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19.

Rangkuman berita-berita populer itu ditampilkan dalam tayangan video, berjudul SIDAK!: 21/9/2020 DENTUMAN DI JAKARTA DAN BERITA OLAHRAGA SPESIAL SIDAK! yang diunggah oleh akun Youtube CXO Media. Rangkuman berita setiap harinya, dikemas secara ringan dan ditayangkan setiap pukul 21.00 WIB.

Berikut 6 berita populer hari ini:

1. Dentuman di Jakarta Berbarengan Petir di Gunung Salak Bogor

Suara dentuman terdengar oleh warga di wilayah Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur, Minggu (20/9). BMKG mencatat sejumlah peristiwa sambaran petir di rentang waktu terdengarnya dentuman di beberapa wilayah Jakarta.

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangannya yang ditulis Senin (21/9/2020), menyebutkan netizen di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur melaporkan dentuman terdengar antara pukul 19.00 WIB hingga 21.00 WIB. Di rentang waktu itu, lightning detector BMKG mencatat ada petir di sekitar Gunung Salak, Bogor.

Asal suara dentuman yang terdengar di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur akhirnya terjawab. TNI AU mengatakan suara dentuman berasal dari bahan peledak trinitrotoluena (TNT) di acara penyambutan prajurit baru Paskhas di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"TNT itu kan nitrogen hanya suara saja, tidak ada efek penghancuran, bukan latihan, itu hanya tradisi aja," kata Kadispen TNI AU Marsma Fajar Adriyanto saat dihubungi detikcom, Senin (21/9/2020).

"Hari Minggu 20 September sama mungkin tadi pagi jam 5 pagi tadi itu," sambung Fajar memberikan keterangan waktu soal dentuman tersebut.

2. Ngunyah Permen Suguhan dari Bank Hukumnya Haram, Ini Penjelasannya

Unggahan viral seorang netizen yang menyebut bahwa makan permen yang disuguhkan oleh bank hukumnya haram. Unggahan tersebut memicu perdebatan antara netizen.

Dilansir dari Muslimah.or.id (07/12/08) ada dua pendapat dari para ulama tentang makan makanan yang disuguhkan oleh bank. Sebagian ulama ada yang memperbolehkan dan ada juga yang melarang. Diantaranya yang melarang keras adalah Ibnu Rusyd al-Jadd, kakek dari Ibnu Rusyd penulis Bidayah al-Mujtaahid.

Ia menyebutkan, "Baik dia memiliki harta lain, atau tidak punya harta selain itu, tidak halal baginya melakukan jual beli dengannya, baik barang dagangan atau benda lainnya. Tidak boleh mengonsumsi makanan atau menerimanya sedikit pun dari hibahnya. Siapa yang melakukannya sementara dia tahu bawa itu riba, maka kebiasaannya seperti kebiasaan orang yang suka ghasab," (Fatwa Ibnu Rusyd, 1/645).

Sementara ulama yang memperbolehkan adalah Imam Ibnu Utsaimin yang berdalil dengan aktivitas muamalah yang terjadi di antara Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya dengan orang-orang Yahudi di sekitar Madinah.

Ia mengatakan, "banyak di antara orang Yahudi itu yang pekerjaannya sebagai rentenir bagi penduduk Madinah di masa sebelum Islam datang." tafsir surat Al Baqarah, Ibnu Utsaimin. Penjelasan tersebut juga disarikan dari buku berjudul 'Ada Apa dengan Riba' karya Ammi Nur Baits.

3. Jokowi Tegaskan Pilkada Tak Akan Ditunda

Juru Bicara Presiden Joko Widodo (Jokowi), Fadjroel Rachman mengungkapkan, penyelenggaraan Pilkada 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020. Pilkada akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tetap sesuai jadwal, 9 Desember 2020, demi menjaga hak konstitusi rakyat, hak dipilih dan hak memilih. Pilkada harus dilakukan dengan disiplin protokol kesehatan ketat disertai penegakan hukum dan sanksi tegas agar tidak terjadi klaster baru Pilkada," kata Fadjroel dalam keterangan tertulisnya, Senin (21/9/2020).

Fadjroel mengatakan Presiden Jokowi menegaskan penyelenggaraan Pilkada tidak bisa menunggu pandemi berakhir. Sebab, tidak satu pun negara tahu kapan pandemi COVID-19 akan berakhir.

"Karenanya, penyelenggaraan Pilkada harus dengan protokol kesehatan ketat agar aman dan tetap demokratis," katanya.

4. Lowongan Pekerjaan Impian: Nyetir Keliling Taman Nasional 6 Bulan, Digaji Rp 734 Juta

Ada sejumlah anggapan lowongan pekerjaan sebagai sopir tidak terlalu menarik karena penghasilannya biasa saja. Bagaimana jika ada lowongan pekerjaan sebagai sopir ini menawarkan penghasilan sebesar Rp 734 juta? Apakah anda memenuhi kualifikasinya?

Lowongan pekerjaan sebagai sopir ini dibuka oleh Michelob Ultra Pure Gold, sebuah perusahaan minuman beralkohol di Amerika Serikat. Perusahaan ini membutuhkan posisi pekerja sebagau Chief Exploration Officer (CEO). Tugasnya adalah mengendarai mobil van untuk menjelajahi beberapa taman nasional selama enam bulan.

CEO yang dipilih akan diberikan mobil van kemping yang sudah ada kamar mandinya di dalam. Dalam enam bulan itu ia akan melakukan eksplorasi ke taman nasional dan memotret objek-objek menarik di sana. Michelob Ultra Pure Gold menjanjikan uang sebesar USD 50 ribu atau sekitar Rp 734 juta untuk pekerjaan ini. Selain itu biaya akomodasi juga disertakan di luar gaji tersebut, termasuk untuk kebutuhan bensin.

Setiap satu mobil hanya akan menggaji satu orang karyawan. Mereka tidak akan ditemani oleh partner dari perusahaan. Tapi si sopir boleh saja mengajak kekasih atau tambahan satu orang teman.

5. Rangkuman Sepak Bola Terpanas Akhir Pekan

Sejumlah pertandingan sepak bola liga-liga Eropa juga menjadi bahan perbincangan hangat hari ini. Klub sepak bola Jerman, Bayern Munich, menang 8-0 atas Schalke 04, dengan Serge Gnabry mencetak hat-trick.

Klub Inggris Manchester United menandai laga pertamanya di liga dengan kekalahan. Menjamu Crystal Palace, MU dipermalukan dengan skor akhir 1-3.

Duel MU vs Crystal Palace di Old Trafford tuntas pada Minggu (20/9/2020) dinihari WIB. Gol MU dicetak melalui debutan Donny van de Beek.

Sementara itu, juara bertahan Liverpool menang melawan Chelsea dalam lanjutan Liga Inggris. The Reds menang 2-0, di mana The Blues mendapat satu kartu merah dan gagal penalti.

6. Menteri Agama Fachrul Razi Positif COVID-19

Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19. Fachrul Razi saat ini menjalani isolasi di rumah sakit dalam keadaan baik.

"Beliau kondisinya baik. Agar proses pemulihan lebih optimal, beliau menjalani proses isolasi dan perawatan di rumah sakit," kata Staf Khusus Menteri Agama Kevin Haikal seperti dilansir Antara, Senin (21/9/2020).

Menag Fachrul Razi terkonfirmasi positif COVID-19 setelah melakukan tes usap pada 17 September 2020. Fachrul Razi menteri ketiga dalam Kabinet Indonesia Maju yang terkonfirmasi positif COVID-19, setelah Menhub Budi Karya Sumadi dan Menteri KKP Edhy Prabowo.

"Untuk lokasi rumah sakit, kami mohon pengertian saudara-saudara sekalian belum bisa kami informasikan, karena kami ingin bapak istirahat dan sembuh total dulu," ujarnya.

(rfs/knv)