Katulampa Siaga 1, Warga Rawajati hingga Kp Melayu Diminta Antisipasi Banjir

Tim detikcom - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 19:48 WIB
Bendung Katulampa Bogor siaga 1 usai debit air sungai Ciliwung naik
ilustrasi Bendung Katulampa. (Foto: M Solihin)
Jakarta -

Bendung Katulampa dinyatakan siaga 1 imbas hujan lebat di beberapa wilayah. Warga yang tinggal di lintasan Sungai Ciliwung diminta waspada.

Hal itu disampaikan melalui akun Twitter BPBD DKI Jakarta. Dalam cuitannya, BPBD DKI Jakarta mengunggah infografis terkait tinggi muka air di Bendung Katulampa.

Disampaikan pada Senin (21/9/2020), pukul 16.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB, statusnya masih siaga 4 dengan tinggi muka air 10 cm. Namun pada pukul 18.00 WIB, air di Bendung Katulampa naik jadi 240 cm atau 2,5 meter dengan status siaga 1.

"Antisipasi wilayah. Waspada untuk lintasan sungai Ciliwung 6-9 jam air akan sampai di Rawajati, Pejaten Timur, Kalibata, Pengadegan, Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, Kampung Melayu," demikian informasi antisipasi wilayah yang dicantumkan BPDB DKI.

BPBD DKI juga mengimbau kepada warga untuk melakukan langkah pemberitahuan kepada luarah dan camat. Termasuk melakukan penyebaran informasi melalui media sosial, hingga sms blast.

Ditekankan juga untuk memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Seperti diketahui, hujan deras yang melanda kawasan Puncak, Kabupaten Bogor dan sebagian besar Kota Bogor, sejak Senin (21/9/2020)) sore, mengakibatkan debit air Sungai Ciliwung, mengalami peningkatan.

Tinggi air sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Bogor mencapai 250 centimeter dan berstatus siaga 1 banjir untuk Jakarta.

"Kawasan puncak hujan deras sore tadi, air dengan cepat meluap. Ketinggian sampai 250 centimeter tadi pukul 18:15 WIB, status siaga 1," kata Petugas jaga Bendung Katulampa Bogor, Andi Sudirman ditemui di Bendung Katulampa Bogor, Senin (21/9/2020).

Tonton video 'Bendung Katulampa Siaga 1 Dipicu Hujan Deras'.

[Gambas:Video 20detik]



(idn/knv)