Mensos Puji Damkar & Sekuriti yang Mampu Padamkan Api dalam 1 Jam

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 18:47 WIB
Mensos Juliari P. Batubara
Foto: Kemensos
Jakarta -

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengatakan sistem proteksi pencegahan kebakaran di Gedung Kemensos berjalan dengan baik. Meskipun Gedung Kemensos di Jalan Salemba Raya No 28 Jakarta Pusat itu tergolong sudah tua, insiden kebakaran yang terjadi di lantai dasar cepat bisa diatasi kurang dari 1 jam.

"Gedung Kemensos ini dibangun termasuk peralatan dan perlengkapannya sejak tahun 1980-an. Anggaran perawatannya pun minim. Namun karena sistem proteksi berfungsi baik, di samping kesigapan dan kehandalan tim keamanan Kemensos kebakaran cepat diatasi/dipadamkan," ujar Juliari P. Batubara, dalam keterangan tertulis, Senin (21/9/2020).

Juliari menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kecepatan dan kesigapan tim sekuriti Kemensos dan tim dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta. "Kita berharap sistem proteksi pencegahan kebakaran terus dicek secara periodik dan semua fungsi pemadaman kebakaran pemadaman dapat dijalankan oleh petugas Kemensos, di samping tentunya terus meningkatkan koordinasi dengan Dinas Kebakaran," ungkap Juliari.

Kemensos juga sedang merencanakan simulasi pemadaman kebakaran hari ini. Terkait simulasi kebakaran tersebut, Juliari menyatakan simulasi dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kecepatan dalam pemadaman serta tentunya koordinasi dan pelatihan teknis dalam menghadapi ancaman kebakaran.

Ia mengatakan banyak gedung tua berdiri di Jakarta, dan ini bila tidak dirawat dengan baik akan rawan terhadap kebakaran. Gedung Kementerian Sosial juga merupakan gedung yang sudah cukup lama berdiri.

"Sebenarnya kalau gedungnya tua tidak terlalu masalah. Namun instalasi listrik di dalamnya ini yang rawan menimbulkan kebakaran. Hal-hal semacam ini, juga perlu diantisipasi di Kemensos," katanya.

Menurut Juliari, hal itulah yang menyebabkan pada hari ini, Kementerian Sosial menggelar simulasi pemadaman kebakaran. "Tujuannya agar muncul kesiapsiagaan, pentingnya kecepatan dalam menghadapi kebakaran, serta meningkatkan koordinasi tim security/tim kebakaran Kemensos dengan Dinas Kebakaran DKI Jakarta," katanya.

Perlu diketahui, insiden kebakaran terjadi tadi pagi jam 03.50 WIB pada lantai dasar gedung yang asapnya terlihat di lantai III, yakni bagian dari unit kementerian yang mengelola anggaran terbesar di seluruh Kementerian/Lembaga. Setelah dicek oleh tim sekuriti Kemensos dan Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta di bawah komando Pak Sunaryo menemukan titik api di lantai dasar ruang sound system.

Persis di ruang teknisi lantai dasar ada mixer sound system yang menjadi sumber apinya dan kemudian asapnya terlihat cukup tinggi. Tetapi titik api secara cepat dapat diketahui dan tidak menjalar ke ruang lainnya. Jam 04.20 WIB titik api sudah dapat dipadamkan dan kebakaran tidak merambat ke tempat lain.

Sementara itu, Sekjen Kemensos Hartono Laras menyampaikan Kemensos memang secara periodik melakukan pengecekan. "Kamis pekan lalu tim pemadam kebakaran datang ke Kemensos untuk mengecek sistem proteksi kebakaran secara periodik dan sekaligus mematangkan persiapan pelaksanaan simulasi pemadaman kebakaran hari ini, yang sudah direncanakan 2 minggu yang lalu sebagaimana arahan Bapak Menteri Sosial," ujarnya.

Hartono mengatakan untuk itulah perawatan termasuk perbaikan instalasi listrik dan perbaikan gedung yang sudah tua akan diusulkan untuk mendapatkan anggaran dari APBN.

(ega/ega)