2 Saksi Fakta Tak Hadir, Sidang Lanjutan Vanessa Angel Ditunda

Zunita Putri - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 14:40 WIB
Vanessa Angel menjalani sidang kasus kepemilikan narkoba di PN Jakarta Barat, Senin (7/9). Sidang kali ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi.
Vanessa Angel (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Sidang lanjutan terdakwa Vanessa Angel atas kasus kepemilikan 20 butir pil xanax ditunda oleh Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Sidang ditunda karena dua saksi fakta yang dijadwalkan tidak hadir di sidang.

Dua saksi itu adalah seorang pengacara Abdul Malik dan dokter Maxwadi Maas yang disebut oleh suami Vanessa, Bibi Ardiansyah memberikan resep pil xanax. Keduanya tidak hadir dan meminta sidang digelar secara virtual.

"Saksi sudah kita panggil yang mulia secara patut, Abdul Malik panggilan sudah 2 kali dan diterima, tapi yang bersangkutan mengajukan permohonan untuk bisa diperiksa secara virtual mengingat karena kondisi yang bersangkutan di Surabaya," ujar jaksa di PN Jakarta Barat, Jalan Letjend S Parman, Jakbar, Senin (21/9/2020).

"Kemudian untuk saksi Maxwadi Waas sudah kita panggil kemarin, tapi sampai hari ini belum bisa hadir mengingat faktor usia yang bersangkutan sudah 73 tahun," sambung jaksa.

Jaksa mengatakan hari ini pihaknya sudah mendatangkan saksi ahli. Namun, hakim ketua menolaknya karena saksi ahli seharusnya diperiksa jika semua saksi kunci sudah diperiksa.

Hakim juga mengatakan tidak bisa menggelar sidang pemeriksaan saksi secara virtual. Menurut hakim, belum ada aturan saksi diperiksa secara virtual.

"Jadi aturan virtual itu adalah untuk terdakwa jika berada di rutan atau lapas, jadi tidak menyangkut saksi. Jadi kalau permintaanya virtual tentu saja kita tidak bisa lakukan, karena KUHAP kita nggak mengatur demikian," kata hakim.

Oleh karena itu, hakim kemudian menunda sidang Vanessa ke Senin (28/9) depan. Sidang dilanjutkan dengan memanggil dua saksi fakta yang seharusnya hadir hari ini.

"Karena hari ini saksi fakta yang harusnya dihadirkan belum bisa dihadirkan, maka majelis masih memberi kesempatan kepada jaksa penuntut untuk hadirkan saksi fakta 2 orang tadi untuk dihadirkan di persidangan akan datang. Sidang ditunda sampai Senin 28 September 2020," tutup hakim.

Dalam sidang ini, Vanessa Angel duduk sebagai terdakwa. Vanessa didakwa kasus psikotropika oleh jaksa penuntut umum Kejari Jakarta Barat. Vanessa didakwa terkait kepemilikan 20 pil Xanax.

Vanessa didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

(zap/mae)