Kisah Syekh Ali Jaber, WNI Pertama Jadi Imam di Masjidil Aqsa

Deden Gunawan - detikNews
Senin, 21 Sep 2020 13:56 WIB
blak-blakan syekh ali jaber
Syekh Ali Jaber (Foto: 20Detik)
Jakarta -

Saat menunaikan ibadah umroh bersama rombongan jemaah dari Indonesia sekitar 3-4 tahun lalu, Syekh Ali Saleh Mohammed Ali Jaber sempat berziarah ke Masjidil Aqsa di Palestina. Tak cuma menunaikan salat berjemaah, dia juga diminta para jemaah di sana untuk mengimami mereka.

"Ini anugerah dan sejarah bagi saya pribadi sebagai orang Indonesia pertama yang menjadi imam di sana," ujarnya.

Untuk diketahui, Masjidil Haram merupakan kiblat pertama umat Islam sebelum kemudian berganti menjadi Kabah di Masjidil Haram, Mekah. Masjidil Aqsa juga merupakan tempat persinggahan Nabi Muhammad saat melakukan perjalanan ruhani dari Masjidil Haram hingga Sidratul Muntaha. Peristiwa ini kemudian dikenal dan diperingati sebagai Isra' - Mi'raj.

Syekh Ali Jaber mengaku dirinya tak pernah meminta untuk bisa salat apalagi menjadi imam di masjid tersebut. Tapi Allah SWT berkehendak. Kala itu dia berjumpa dengan imam Masjidil Aqsa yang sudah beberapa kali berkunjung ke Indonesia.

Rupanya sang Imam dan para jemaah di sana tahu bahwa Ali Saleh Mohammed Ali Jaber adalah keponakan Syekh Ali Jaber yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram. "Jadi, rupanya mereka memberikan kehormatan kepada saya untuk mengimami mereka salat Magrib dan Isya," tuturnya.

Syekh Ali Jaber Blak-blakan: Saya Ada Salah, Saya Bukan Wali:

[Gambas:Video 20detik]



(jat/jat)